Pembagian Hadis Berdasarkan Jumlah Perawi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Para ulama membagi jenis-jenis hadis berdasarkan sudut pandang tertentu, salah satunya adalah dengan berdasarkan jumlah perawi hadis ( jumlah periwayat hadis ) tersebut. Pembagian hadisnya adalah sebagai berikut :
sumber : pixabay.com

a.    Hadis Mutawatir, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh sepuluh orang perawi ( periwayat hadis ) yang menurut kebiasaan mustahil semua perawi tersebut bersepakat untuk berbohong atau dusta. Hadis mutawatir ini wajib hukumnya untuk diterima dikarenakan isinya bisa dipastikan benar dan pasti ( qat’i ).
Adapun syarat sebuah hadis dikatakan hadis mutawatir adalah sebagai berikut :
1.       Dimungkinkan sejumlah perawi ( periwayat hadis ) tersebut tidak bersepakat untuk berbohong atau dusta.
2.       Diriwayatkan oleh 10 ( sepuluh ) orang perawi dalam setiap tabaqah sanadnya.
3.       Isinya ( Isi hadis tersebut ) harus diperoleh berdasarkan perolehan pancaindra, misalnya “saya melihat”… “saya mendengar”.. dan sejenisnya.

b.   Hadis ahad, yaitu hadis yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan untuk menjadi hadis mutawatir. Ditinjau dari jumlah perawi ( periwayat hadis ) nya, hadis ahad ini dibedakan menjadi 3 ( tiga ) macam, yaitu adalah sebagai berikut :
1.       Hadis Masyhur, adalah hadis yang diriwayatkan oleh tiga atau lebih perawi ( periwayat hadis ), akan tetapi jumlah perawi ( periwayat hadis ) nya tidak sampai sepuluh perawi dalam tabaqah sanadnya.
2.       Hadis ‘Aziz, adalah hadis yang diriwayatkan paling tidak oleh 2 ( dua ) orang perawi ( periwayat hadis ) dalam setiap tabaqah sanadnya.
3.       Hadis Garib, adalah hadis yang diriwayatkan oleh 1 ( satu ) orang perawi ( periwayat hadis ) dalam setiap tabaqah sanadnya.
4.       Hadis Maqbul, adalah hadis yang wajib diterima akan kebenarannya.

Demikianlah artikel mengenai penggolongan hadis berdasarkan jumlah perawi ( periwayat hadis ) nya. Apabila ditemukan kesalahan mohon untuk dikoreksi, semoga bermanfaat.
Sumber :
  • Kamal, Rahmat. 2015. Pedoman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas 1. Solo: Platinum.
Back To Top