Penipuan Menggunakan Mandiri e-cash

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Semakin maju perkembangan zaman terutama di bidang teknologii membuat semuanya menjadi leboh mudah dilakukan tak terkecuali penipuan. Dalam perkembangan teknologi yang pesat ini, kita dituntut mengetahui banyak hal dan lebih pandai supaya tidak mudah dipintari pemipu. Apabila zaman dahulu penipuan dilakukan dengan bertatap muka jadi pelaku mudah diidentifikasi, namun sekarang tanpa sama sekali melihat muka kegiatan perdagangan pun bisa terjadi, hal inilah yang membuat penipuan marak terjadi. Penipu merasa lebih aman dan yang ditipu cenderung hanya akan mengikhlaskan karena tidak mau ribet. Padahal hal itu juga merupakan faktor penipuan online marak terjadi.

Berdasarkan pengalaman pribadi, penipua kali ini menggunakan model baru ( ya nggak baru banget sih ) dan lebih rumit untuk mempersiapkannya bagi penipu, dikarenakan usaha yang lebih keras itulah membuat hasilnya juga semakin banyak. Zaman dahulu modusnya adalah penjual yang nipu ( pakai nomor rekening + nama terang-terangan ) namun sekarang malah pembeli yang nipu, kok bisa ? Beginicerita yang saya alami :\
Pada malam hari saya memasang iklan menjual PS4 di ol*. Tak lama kemudian ada pembeli yang menghubungi saya via BB* dan kami membuat kesepakatan harga. Setelah itu ia berkata mau mengirim via Mandiri e-cash, katanya uang tersebut hanya bisa diambil langsung melalui atm, saya agak curiga karena setahu saya atm hanya bisa untuk tarik tunai rekening sendiri dan transfer tunai ke rekening lain tanpa bentuk fisik. Namun karena saya merasa ndeso dan orang tersebut menyerahkan foto ktpnya dan struk transfer ( palsu ) , ya saya percaya saja. Dia menelpon saya dan menuntun saya via telepon, Pada awal memang tidak ada kecurigaan, dan sampai pada langkah "TOP UP" pun saya tidak curiga dan pada langkah selanjutnya ada tulisan "Terima dana 4.950.000" dan saya langsung yakin 100% setelah itu saya disuruh memasukkan kode, saya ngikut saja dan sebenarnya itu bukan kode melainkan nominal yang akan ditransfer dan saya tidak tahu sama sekali. Setelah itu pelakun berkata bahwa transaksi gagal dan menuruh menggunakan atm lain, setelah saya cek saldo ternyata saldo saya tinggal 60 ribu, padahal awalnya ada 1.200 ribu. Saya tidak tinggal diam, saya pun melapor ke polisi keesokan harinya.
sumber : pixabay.com

Ciri-ciri Penipu menggunakan Mandiri e-cash :
- Meminta memfoto saldo awal atau meminta informasi saldo awal
- Ketika ditanya alamat tidak bisa spesifik ( bila melampirkan ktp palsu dia hanya bisa menyebutkan alamat di ktp )
- Mengirim struk palsu atau editan
- Apabila memberi panduan, dia menyuruh menggunakan bahasa inggris saat di atm supaya korban bingung
- Jika punya banyak nomor telepon, maka apabila diHLR Lookup bisa berbeda-beda ( sangat jauh ), namun Anda mungkin bisa menggunakan nomor yang tertera di Mandiri-nya untuk dilook-up

Artikel ini tidak bertujuan menjelek-jelekkan atau mencemari nama baik Mandiri. Sebenarnya Mandiri e-cash itu canggih dan terobosan terbaru untuk mempermudah transaksi perbankan, namun sayangnya dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Semua sarana dan prasarana baik pun bisa dimanfaatkan oleh orang jahat. Jadi para penjual diharapkan lebih hati-hati ya. Silakan pelajari seksama tentang Mandiri e-cash supaya tidak dibodhi penipu, lebih cerdaslah agar tidak udah ditipu.


Tag : Umum
Back To Top