Cara Menampilkan On Screen Keyboard ( Keyboard pada Layar ) di Windows 7

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Keyboard fisik merupakan peripheral computer yang bisa dibilang sangat diperlukan oleh pengguna komputer, Tanpa adanya keyboard, komputer berkesan kurang dan belum siap digunakan, padahal sebenarnya kita bisa saja mengunakan komputer tanpa keyboard, bahkan untuk mengetik. Namun tentu saja kurang nyaman untuk dipakai, apalagi untuk mengetik teks-teks yang panjang. 
Sumber : pixabay.com
Terkadang kita mengalami yang namanya keyboard rusak, entah tombol yang tidak bisa dipencet maupun kable yang rusak atau apapun. Hal itu tentunya sangat mengganggu. Tentu saja di benak kita akan kepikiran untuk ganti keyboard atau memperbaikinya. Ya, itu memang diperlukan suatu saat. Namun apabila situasi mendesak atau situasi dan kondisi kurang mendukung, kita bisa memanfaatkan fitur dari sistem operasi Windows 7 yaitu On Screen Keyboard atau biasa dikenal dengan OSK. Apa itu OSK ? OSK adalah sebuah aplikasi bawaan OS Windows 7 (  Mungkin hampir di semua versi Windows ) yang memungkinkan pengguna melakukan fungsi keyboard dengan mengeklik layar. Secara sederhana, nanti akan muncul gambar keyboard mengambang di layar yang bisa diklik sesuai dengan fungsinya. Bagaimana cara mengaktifkannya ? Simak langkah-langkah berikut :

Pertama, klik tombol Start yang secara default terletak di pojok kiri bawah !

Kedua, ketik Run ! Kemudian pencet "Enter" atau klik hasil pencarian paling atas atau seperti pada gambar !

Ketiga, ketik osk pada kolom yang disediakan ! Kemudian pencet "Enter" atau klik OK !

Keempat, operasikan osk !
Itulah cara menampilkan  On Screen Keyboard atau cara menampilkan keyboard pada layar, semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan kritik, saran, atau request artikel atau suatu jenis teks di kolom komentar. 
Back To Top