Cara Membuat Es Campur

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Es Campur hidangan favorit

Es Campur adalah makanan favorit di bulan Ramadhan, rupanya banyak pedagang musiman yang membuka tempat berjualan es campur. Rasanya yang manis dan dicampur oleh es dan buah yang segar membuat es campur menjadi hidangan berbuka yang spesial setelah melaksanakan puasa selama 10 jam lebih. Tidak hanya anak-anak, orang tua dan kakek nenek pun saya rasa juga suka es campur. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila Anda bisa membuat es campur sendiri di rumah, tentunya apabila membuat es campur sendiri di rumah, kita bisa menyesuaikan selera buah-buahan. Selain itu, kita bisa lebih menghemat biaya, karena saya rasa membuat sendiri lebih murah jika kita membuatnya dalam porsi banyak atau porsi besar. 

Es Campur baik untuk kesehatan

Es campur ternyata memiliki banyak manfaat dan baik untuk kesehatan. Bisa kita amati, variasi buah-buahan yang terdapat dalam es campur menambah variasi vitamin yang terkandung dalam es campur. Selain itu, susu kental manis mengandung protein yang baik untuk tubuh. Gula dalam es campur bermanfaat untuk tenaga. Perlu diketahui selain karbohidrat, ternyata gula juga merupakan sumber tenaga, kenapa bisa demikian ? Proses pencernaan kimiawi di mulut dan di dalam organ pencernaan oleh enzim ptyalin dan amilase yaitu berfungsi mengubah karbohidrat menjadi zat gula, maka apabila kita mengonsumsi gula fungsinya sama dengan pembentukan energi oleh karbohidrat.  

Taqiyuddin Al Hushni, penulis kitab Kifayatul Akhyar menukil pendapat Ar Rauyani yang menyatakan demikian:

“dianjurkan berbuka dengan kurma atau jika tidak ada maka dengan air, berdasarkan hadits ini. karena yang manis-manis itu menguatkan tubuh dan air itu membersihkan tubuh. Ar Rauyani berkata: ‘kalau tidak ada kurma maka dengan yang manis-manis. karena puasa itu melemahkan pandangan dan kurma itu menguatkannya, dan yang manis-manis itu semakna dengan kurma'” (Kifayatul Akhyar, 200)."

Dikutip dari lifestyle.dreamers.co.id 
Untuk membatalkan puasa selalu dianjurkan dengan memakan atau minum sesuatu yang manis. Mengapa harus demikian dan apa alasannya?
Seperti dikutip dari viva.co.id saat sedang berpuasa secara otomatis sistem metabolisme tubuh akan melambat. Asupan nutrisi yang tersimpan saat sahur banyak menghilang setelah seharian beraktivitas. Karena tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam, energi yang tersimpan pun ikut berkurang. Maka dari itu asupan makanan atau minuman manis sangat penting saat berbuka puasa.
Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga makanan manis berperan dalam mengembalikan energi dan stamina tubuh yang telah hilang dengan cepat pula. Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh kembali normal.

Dengan pernyataan tersebut, setelah makan kurma atau bila tidak ada kurma, es campur pun cocok untuk berbuka.

Resep Es Campur

sumber : wikipedia || Gambar Hanya Pemanis saja
Untuk membuat es campur sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda tidak perlu skill khusus atau bahkan professional skill untuk bisa membuat es campur, bahkan remaja bau kencur pun juga bisa membuatnya, tetapi sangat berbahaya bila yang membuat anak-anak karena dalam pembuatannya melibatkan pisau dan sebagainya. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah didapat, di pasar tradisional pada umumnya terdapat bahan-bahan membuat es campur lengkap, tidak harus impor bahan dari luar negeri :) cukup ke pasar saja. Alat yang digunakan juga tidak sulit, cuma cukup pisau dan sendok saja saya rasa semua beres.

Langsung saja, bagi yang ingin tahu cara membuatnya, silakan baca prosedurnya berikut :

Bahan Es Campur :
  • es serut ( atau bisa juga diganti dengan es batu apabila tidak ada ) secukupnya
  • 2 gelas ( 400 ml ) sirup sesuai selera ( disarankan sirup yang berwarna merah )
  • 200 gram rumput laut
  • 1 gelas ( 200 ml ) susu kental manis ( disarankan yang berwarna putih )
  • 200 gram tape singkong, potong-potong sesuai selera
  • 200 gram cincau hitam, potong menjadi berbentuk kubus
  • 200 gram daging kelapa muda, dikerok ( bisa menggunakan sendok )
  • 200 gram kolang kaling yang sudah direbus lalu diiris tipis-tipis
Bahan Lain  :
  • 200 gram buah nangka, potong berbentuk kecil kecil
  • 200 gram buah melon, potong berbentuk kecil kecil
  • Buah stoberi secukupnya, lalu potong ukuran sedang
Cara Membuat Es Campur :
  1. Pertama, siapkan mangkuk besar untuk wadah es campur !
  2. Kedua, masukkan daging kelapa muda, kolang-kaling, tape singkong, cincau hitam, dan rumput laut yang sudah dipersiapkan tadi ke dalam mangkuk !
  3. Ketiga, tambahkan buah-buahan di atasnya !
  4. Keempat, masukkan es serut atau es batu secukupnya ! Kemudian siram atau tuangkan sirup di atasnya !
  5. Kelima, tuangkan susu kental manis ! Sajikan !


Itulah langkah-langkah cara membuat es campur, mudah bukan ? Itu adalah resep untuk membuat es campur dalam porsi besar, namun apabila ingin membuat dalam porsi kecil, Anda bisa menyesuaikan banyaknya bahan. Namun, lebih bagus apabila membuat dalam porsi besar saja, lalu dibagi-bagi menjadi beberapa porsi dengan keluarga. Namun bagi yang ingin menghidangkan untuk acara-acara besar, misalnya acara pernikahan, tentunya membutuhkan porsi yang sangat besar dan disesuaikan dengan tamu undangan yang diundang. Sekian dulu artikel mengenai es campur ini, semoga bermafaat.
Tag : Umum
Back To Top