11 Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan DIkotil Lengkap ( bagian pertama )

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tumbuhan secara umum dibagi menjadi 2 ( dua ) jenis, yaitu tumbuhan monokotil ( berkeping 1 ) dan tumbuhan dikotil ( berkeping ganda ). Sebelum mempelajari lebih dalam, mari kita mempelajari apa itu tumbuhan secara sederhana.

Pengertian Tumbuhan secara Sempit

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki Kingdom Plantae, Tumbuhan biasanya terdiri dari akar, batang, dan daun, pada jenis-jenis yang khusus juga terdapat buah, bunga, maupun umbi. Secara umum daun tumbuhan berwarna hijau, hal tersebut dikarenakan daun tumbuhan mengandung klorofil untuk melakukan proses fotosintesis.
sumber : pixabay.com

Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan bagi makhluk hidup, dalam piramida makanan atau rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen ( meskipun pada beberapa spesies bisa menjadi konsumen ). Tanpa adanya produsen, rantai makanan akan kacau dan kepunahan makhluk hidup bisa saja terjadi. Selain berfungsi sebagai penyedia bahan makanan, tumbuhan juga berfungsi sebagai penghasil oksigen, mengapa demikian ? Karena dalam proses fotosintesis tumbuhan memerlukan karbondioksida dan akhirnya menghasilkan zat-zat yang salah satunya oksigen. Maka tidak salah apabila hutan lebat bisa disebut paru-paru dunia. Selain kedua fungsi tersebut, masih banyak lagi fungsi-fungsi tumbuhan terutama pada spesies khusus.

Penggolongan tumbuhan berdasarkan keping biji

Ciri-ciri tumbuhan monokotil

  1. Memiliki keping biji tunggal sehingga tidak membelah saat berkecambah
  2. Memiliki berkas vaskuler atau pembuluh angkut yang berlokasi di batang yang memiliki jenis kolateral tertutup ( Secara sederhana bisa diartikan antara xilem dengan floem tidak terdapat kambium ). 
  3. Letak floem dan xilem pada tumbuhan tersebar dan terkesan tidak teratur
  4. Umunya pada bagian akar dan batang tidak mempunyai kambium sehinga tumbuhan tidak bisa mengalami pertumbuhan sekunder dan tidak bisa tumbuh membesar. Namun, ada  tumbuhan monokotil yang memiliki kambium, misalnya sisal (Agave sisalana). 
  5. Umumnya batang tidak memiliki cabang, mempunyai rambut-rambut yang halus, dan ruas-ruas pada batang tampak dengan jelas
  6. Memiliki jenis akar serabut
  7. Pada bagian ujung batang dilindungi oleh koleoptil
  8. Pada bagian ujung akar dilindungi oleh koleoriza 
  9. Umumnya berdaun tunggal, kecuali pada kelompok palem. 
  10. Memiliki tulang daun sejajar dan atau melengkung dan berpelepah daun. 
  11. Bagian mahkota bunga, kelopak bunga, dan benang sari berjumlah tiga atau kelipatan tiga.

Ciri-ciri tumbuhan dikotil

  1. Memiliki keping biji dua sehingga membelah saat berkecambah
  2. Memiliki berkas vaskuler atau pembuluh angkut yang berlokasi di batang yang memiliki jenis kolateral terbuka ( Secara sederhana bisa diartikan antara xilem dengan floem terdapat kambium ) dan tersusun membentuk lingkaran. Sementara pada pembuluh angkut atau vaskuler berjenis radila atau bisa dikatakan letak xilem dan floem bergantian menurut bagian lingkaran.
  3. Letak floem dan xilem pada tumbuhan teratur.
  4. Umunya pada bagian akar dan batang mempunyai kambium sehinga tumbuhan bisa mengalami pertumbuhan sekunder dan  bisa tumbuh membesar. 
  5. Umumnya batang memiliki banyak cabang dan ruas-ruas pada batang tidak jelas
  6. Memiliki jenis akar tunggang.
  7. Pada bagian ujung batang TIDAK dilindungi oleh koleoptil
  8. Pada bagian ujung akar TIDAK dilindungi oleh koleoriza 
  9. Umumnya berdaun jamak. 
  10. Memiliki tulang daun menyirip dan atau menjari. 
  11. Bagian mahkota bunga, kelopak bunga, dan benang sari berjumlah 2 ( dua ), 4 ( empat ) dan 5 ( lima ) atau kelipatan bilangan-bilangan tersebut.
Dari uraian tersebut, sudah jelas perbedaannya. Semoga artikel ini bisa membantu dan Insya Allah akan ada kelanjutannya.

Diolah dari 
  • http://www.artikelsiana.com/2015/05/ciri-ciri-dikotil-monokotil-tumbuhan.html#
  • http://www.ebiologi.com/2016/03/tabel-perbedaan-monokotil-dan-dikotil.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tumbuhan_berkeping_biji_tunggal
  • http://agroteknologi.web.id/tumbuhan-dikotil-dan-monokotil/
Back To Top