Macam Katup Pada Jantung beserta Fungsinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : id.wikipedia.org
Saat Sekolah Dasar, mungkin Anda telah diajari tentang organ tubuh manusia, salah satunya jantung. Secara sederhana jantung dibagi menjadi 4 bagian, yaitu bilik ( Ventrikel ) kiri, bilik kanan, serambi ( atrium ) kiri, dan serambi kanan. Jantung adalah organ yang berfungsi sebagai pemompa darah, baik memompa darah ke seluruh tubuh ( peredaran darah besar ) dan memompa darah ke paru-paru ( peredaran darah kecil ). Lebih lanjut mengenai bagian jantung, ternyata jantung mempunyai katup ( pemisah ) di bagian-bagiannya. Menurut kamus kesehatan Katup jantung adalah jaringan khusus yang berada di dalam jantung yang tugasnya mengatur urutan aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Untuk mengetahui deskripsi lebih rinci mengenai katup-katup tersebut, simak penjelasannya berikut ini : 

  • Katup trikuspidalis adalah katup yang memisahkan antara atrium kanan ( serambi kanan ) dan vartikel kanan ( bilik kanan ) dan terdiri dari 3 daun katup, katup trikuspid terbuka untuk mengalirkan darah yang mengandung sedikit oksigen yang telah terkumpul di serambi kanan ( atrium kanan ) ke ventikel kanan ( bilik kanan ) untuk dipompa ke paru-paru. Apabila ventikel berkontraksi ( SISTOLE ) katup trikuspidalis ini akan menutup untuk mencegah darah yang berada di vartikel kanan ( bilik kanan ) kembali ke artrium kanan ( serambi kanan ).Sementara itu, katup paru ( katup pulmonalis ) terbuka untuk mengalirkan darah ke arteri paru-paru ( arteri pulmonalis ). 
  • Katup pulmonari katup paru ( katup pulmonari ) adalah katup yang memisahkan ventikel kanan ( bilik kanan ) dengan arteri paru-paru ( arteri pulmonalis ), katup ini terbuka agar darah miskin oksigen dari ventrikel kanan bisa masuk ke arteri paru-paru, dan setelah dilairkan katup ini menutup agar darah tidak kembali lagi ke jantung. 
  • Katup mitral ( bicuspid ) adalah katup yang memisahkan artrium kiri ( serambi kiri ) dengan ventikel kiri ( bilik kiri ). Katup ini terbuka pada saat darah yang kaya oksigen yang telah terkumpul ke serambi kiri dialirkan ke bilik kiri, dan akan menutup ketika bilik kiri berkontraksi, jadi katup ini berfungsi untuk mencegah agar darah kaya oksigen di bilik kiri tidak masuk kembali ke serambi kiri, maka darah bisa dipompa keluar melalui katup aorta ke aorta. 
  • Katup aorta adalah katup yang memisahkan antara vartikel kiri ( bilik kiri ) dengan aorta. Katup ini terbuka saat bilik kiri mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, dan akan menutup setelah darah itu dialirkan agar darah tidak kembali ke jantung. 

Sekian yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda, bila ada kritik, saran, dan sanggahan silakan lampirkan di kolom komentar. 
Diolah dari : 
  1. http://adyantavitrie.blogspot.co.id/2012/04/katup-katup-pada-jantung.html 
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Katup_jantung 
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Ventrikel
Back To Top