Cara Upgrade Ubuntu 15.10 ke 16.04

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ubuntu merupakan sistem operasi komputer yang cukup terkenal, meskipun tidak seterkenal Windows. Keunggulan Ubuntu yang paling menonjol ( menurut saya ) adalah Ubuntu bisa diunduh gratis dari situs resminya. Jadi kita tidak perlu aplikasi peretas seperti crack, patch, loader, dan sejenisnya. Itulah mengapa Ubuntu bisa dijadikan alternatif sistem operasi selain Windows. Sistem operasi ini mudah dioperasikan, banyak perangkat lunak yang dapat dijalankan sistem operasi ini, antara lain : VLC Media Player, Steam, Libre Office, WPS Office, dan sebagainya. Perangkat lunak yang dirancang untuk sistem operasi Windows pun juga bisa dijalankan di Ubuntu dengan menggunakan emulator.

sumber : commons.wikimedia.org


Sampai tulisan ini ditulis, versi terbaru dari Ubuntu adalah 16.04 LTS ( Xenial Xerus ) dan mungkin akan berganti versi lagi pada 6 bulan kedepan. Untuk itu, bagi yang masih di versi 15.10 dan ingin upgrade ke 16.04, akan dijelaskan langkah-langkahnya dalam artikel ini. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka terminal ! Ketikkan sudo su !
  2. Masukan kata sandi perangkat Anda lalu klik Enter ! ( Saat memasukkan kata sandi, jangan heran apabila huruf yang diketikkan tidak muncul, memang begitu )
  3. Ketik sudo apt-get update di terminal lalu klik Enter ! Biarkan terjadi pembaruan, apabila muncul teks untuk konfirmasi [ Y/n ] tekan Enter !
  4. Ketik sudo apt-get upgrade di terminal lalu klik Enter ! Biarkan terjadi pembaruan, apabila muncul teks untuk konfirmasi [ Y/n ] tekan Enter !
  5. Ketik sudo apt-get dist-upgrade di terminal lalu klik Enter ! Biarkan terjadi pembaruan, apabila muncul teks untuk konfirmasi [ Y/n ] tekan Enter !
  6.  Ketik sudo update-manager -d di terminal lalu klik Enter ! Biarkan terjadi pembaruan, apabila muncul teks untuk konfirmasi [ Y/n ] tekan Enter !
  7. Apabila ada jendela muncul untuk konfirmasi pembaruan perangkat lunak, perbarui dahulu semuanya lalu ulangi lagi langkah dari awal ! Apabila ada jendela muncul untuk konfirmasi pembaruan sistem operasi, maka pilih ( Upgrade ) !
  8. Baca pernyataan yang muncul di halaman berikutnya dan klik Upgrade !
  9. Klik Start Upgade !
  10. Restart perangkat setelah proses selesai ! 
Mohon dimaklumi karena tidak bisa menyertakan tangkapan layar, semoga metode tersebut tidak membingungkan Anda. Apabila ada pertanyaan, silakan lampirkan di kolom komentar.
Diolah dari :
http://www.ubuntumaniac.com/2016/01/how-to-upgrade-from-ubuntu-1510-to.html 
Back To Top