Volume Udara Pernapasan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com
Setiap makhluk hidup mempunyai ciri khusus yaitu bernapas, tak terkecuali manusia. Manusia bernapas menggunakan organ pernapasan yaitu secara garis besar melalui hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Paru-paru manusia memiliki volume ( daya tampung ) terbatas untuk menampung udara dan daya tampung tersebut jenisnya berbeda-beda, Apa saja ? Berikut admin rangkumkan penjelasan tentang volume udara pernapasan manusia dewasa.

Volume udara pernapasan dibedakan menjadi 6 bagian, yaitu sebagai berikut :
  1. Volume Tidal ( Tidal Volume ) adalah volume udara pernapasan biasa, volumenya kurang lebih 500 cc atau 500 ml. Maksudnya adalah volume udara yang dimasukkan atau dikeluarkan oleh paru-paru saat melakukan pernapasan biasa ( ala kadarnya, tidak dikeluarkan sebanyak-banyaknya dan tidak dimasukkan sebanyak-banyaknya ).
  2. Volume Cadangan Ekspirasi ( Expiratory Reserve Volume ) atau bisa disebut dengan udara suplementer adalah udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal oleh paru-paru setelah melakukan ekspirasi biasa, volumenya kurang lebih 1500 cc atau 1500 ml. Secara sederhana yaitu volume udara yang bisa kita keluarkan semaksimal mungkin.
  3. Volume Cadangan Inspirasi ( Inspiratory Reserve Volume ) atau bisa disebut dengan udara komplementer adalah udara yang masih dapat dihirup secara maksimal oleh paru-paru setelah melakukan inspirasi biasa, volumenya kurang lebih 1500 cc atau 1500 ml. Secara sederhana, yaitu volume udara yang bisa kita hirup sebisa mungkin.
  4. Volume Sisa ( Residual Volume ) atau volume residu adalah volume yang masih tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi maksimal, volumenya kurang lebih 1000 cc atau 1000 ml.
  5. Kapasitas Vital Paru-Paru ( Vital capacity ) adalah volume udara yang dapat dihembuskan ( dikeluarkan ) secara maksimal setelah melakukan inspirasi maksimal. Melalui definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa kapasitas vital paru-paru besarnya Volume Tidal + Volume Cadangan Inspirasi + Volume Cadangan Ekspirasi, yaitu 500 + 1500 + 1500 = 3000 cc atau 3000 ml.
  6. Kapasitas Total Paru-Paru ( Total Lung Volume ) adalah kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh paru-paru, volumenya adalah kapasitas vital + volume sisa ( Residual Volume ) yaitu 3.500 cc + 1000 cc = 4.500 cc atau 4.500 ml.
Sekian yang dapat admin rangkumkan, semoga bermanfaat bagi anda.
Diolah dari
  • Supardianningsih, dkk. 2015. Detik-Detik Ujian Nasional Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs 2015/2016. Klaten: Intan Pariwara.
Back To Top