Sifat Sifat Bayangan yang Dihasilkan Oleh Cermin Cekung, Cermin Cekung, dan Cermin Datar.

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com
Cermin secara umum adalah alat yang digunakan untuk memantulkan cahaya, pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari adalah bercermin, kaca spion, dan lain-lain. Jika kamu bercermin pada sendok dengan sisi cembungnya maka bayanganmu pada cermin diperkecil dan tidak terbalik, sedangkan jika kamu bercermin pada sisi cekungnya biasanya bayangan akan terbentuk terbalik karena posisimu jauh dari “ruang 1”, untuk memahami lebih lanjut silakan Anda simak rangkuman materi berikut ini.

Cermin datar

Cermin ini adalah cermin yang paling banyak digunakan untuk bercermin dan paling ideal digunakan untuk bercermin, mengapa ? Karena bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah :

- Maya.
- Tegak.
- Sama Besar.
- Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
- Terbalik antara kanan dan kiri.

Oleh karena sifat bayangan yang dibentuk itulah cermin datar banyak dipakai untuk bercermin, karena saat kita bercermin kita melihat bayangan kita sendiri dengan tingkat kemiripan nyaris sempurna ( dikatakan “nyaris” karena terbalik kanan dan kiri ) dan bentuk bayangan yang dihasilkan jauh lebih mirip ( dengan benda aslinya ) dibandingkan dengan memakai jenis cermin lain.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya menjorok ke dalam, jenis cermin ini memiliki sifat konvergen ( mengumpulkan sinar ). Berbeda dengan cermin lainnya, sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung tergantung dari letak benda.

- Maya, Tegak, Diperbesar ( Apabila benda berada di Ruang I ) [ Bayangan jatuh di Ruang IV ]
- Bayangan jatuh di jauh tak terhingga ( Apabila benda berada di titik fokus )
- Nyata, Terbalik, Diperbesar ( Apabila benda berada di Ruang II ) [ Bayangan jatuh di Ruang III ]
- Nyata, Terbalik, Sama Besar ( Apabila benda berada di Titik P ) [ Bayangan jatuh di Titik P ]
- Nyata, Terbalik, Diperkecil ( Apabila benda berada di Ruang III ) [ Bayangan jatuh di Ruang II ]

Pernahkan kalian mengamati lampu sepeda motor atau lampu mobil kalian ? Pemancar cahayanya ( biasanya LED ) ditutup dengan kaca dan dikelilingi oleh benda mengkilap yang disusun cekung, mengapa demikian ? Itu karena cermin cekung bersifat konvergen. Kira-kira apalagi ya pemanfaatan cermin cekung di kehidupan sehari-hari ?

Cermin Cembung

Cermin cembung adalah cermin yang permukaannya menjorok ke luar, jenis cermin ini memiliki sifat divergen ( menyebarkan sinar ). Jenis cermin ini banyak digunakan untuk spion kendaraan, karena cermin cembung bersifat :

- Maya, Tegak, Diperbesar.

Jika menggunakan cermin cembung, maka kendaraan yang terletak jauh di belakang bisa terlihat dengan jelas, lebih jelas dibandingkan cermin datar apalagi cermin cekung.

Sekian rangkuman yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat.

Diolah dari
  • Supardianningsih, dkk. 2015. Detik-Detik Ujian Nasional Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs 2015/2016. Klaten: Intan Pariwara.




Back To Top