Pengertian Unsur, Senyawa, dan Campuran

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : id.wikipedia.org
Dilihat dari namanya pun sudah berbeda apalagi makna dan pengertiannya. Dalam sistem pendidikan Indonesia saat ini, ketiga hal tersebut mulai dikenalkan pada bangku SMP ( Sekolah Menengah Pertama )atau sederajat. Bagi kalian yang mungkin lupa bahkan tidak tahu mengenai Pengertian Unsur, Senyawa, dan Campuran, silakan baca artikel berikut untuk menambah wawasan.

Unsur

Unsur adalah suatu materi yang paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi 2 zat atau lebih. Unsur berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu unsur logam, unsur nonlogam,dan unsur metaloid. Unsur logam yaitu besi ( Fe ), Emas ( Au ), Seng ( Zn ), dan lain-lain. Unsur nonlogam yaitu karbon ( C ), Hidrogen ( H ), Nitrogen ( N ), dan lain-lain. Sedangkan unsur metaloid adalah Silikon ( Si ), Germanium ( Ge ), dan lain-lain.

Senyawa

Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih dengan reaksi kimia. Senyawa disebut zat tunggal karena perbandingan penyusunnya tetap. Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust) menyatakan bahwa perbandingan massa-unsur dalam suatu senyawa adalah tertentu dan tetap. Senyawa merupakan jenis materi yang tersusun dari dua atau lebih unsur yang berikatan secara kimia. Sifat yang dimiliki oleh Senyawa sudah tidak sama lagi dengan sifat unsur penyusunnya bisa dikatakan senyawa tidak memiliki sifat asal penyusunnya. Contoh Senyawa antara lain Oksigen ( O2 ), Air ( H2O ), dan Karbondioksida ( CO2 ).

Campuran 

Campuran adalah suatu zat atau materi yang terbentuk dari 2 unsur atau lebih dan memiliki sifat asal penyusunnya. Berbeda dengan senyawa, campuran memiliki sifat asalnya dan memiliki perbandingan komposisi yang tidak tetap. Campuran digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu Larutan, Suspensi, dan Koloid. Perbedaan Larutan, Koloid, dan Suspensi dibahas pada artikel "Perbedaan Larutan, Koloid, dan Suspensi"

Sekian artikel singkat mengenai Pengertian Unsur, Senyawa, dan Kimia. Semoga bermanfaat bagi anda, bila ada kriktik, komentar, dan saran mohon lampirkan di komentar.
Diolah dari :
  • http://teorikimia.blogspot.co.id/2015/10/perbedaan-unsur-senyawa-dan-campuran.html
  • http://id.wikipedia.org
  • http://en.wikipedia.org
Back To Top