Membangun Sebuah Link atau Sering Disebut Link Building

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : internet
[Artikel dibeli dari Newbie-BLog-Post] Link building adalah isitilah keren dari istilah yang lebih familiar yaitu backlink. Apa itu backlink ? Backlink adalah link aktif situs ( kita baik menuju homepage atau sebuah halaman tertentu ) yang berada di situs lain. Misalnya nih ya, jika anda memakai template gratisan mungkin sebagian besar dari template tersebut ada link yang tertanam di bagian footer yang menuju ke situs si pembuat blog. Contoh yang lain misalnya, pernah berkunjung ke blog wordpress ( contohnya sugeng.id ) ? Di bagian komentar hampir setiap nama komentator bisa diklik dan menuju ke situs komentator masing-masing, itulah yang disebut backlink. Lalu bagaimana dengan metode link building ? Istilah sederhananya adalah membangun backlink atau lebih keren lagi tanam backlink, yaitu usaha yang dilakukan oleh seseorang atau mesin(?) untuk menempatkan link aktif di situs lain.

Apakah link building juga termasuk SEO ? dulu memang iya, sekarang entahlah karena Algoritma Google dan mesin pencari lainnya seiring waktu juga berubah. Apakah penting ? Dari pengamatan saya pada situs-situs terkenal seperti sugeng.id,masyadi.com,dan arlinadzgn.com sampai tulisan ini ditulis, situs-situs tersebut memiliki banyak sekali backlink, jadi mungkin Anda bisa mungkin Anda bisa menilai sendiri. Lalu bagaimana caranya ? Jika Anda tertarik, silakan simak uraian di bawah ini.

Directory Submission, Metode sederhana yang cukup baik untuk menanam backlink adalah dengan menggunakan Directory Submission. Dengan beberapa langkah saja, Anda bisa menanamkan link ke website Directory Submission tersebut. Sayangnya, tidak semua situs Directory Submission berkualitas, apalagi yang gratis. Seperti kata pepatah Jawa "Ana rega ana rupa" maksudnya adalah semakin mahal barang tersebut, semakin bagus kualitasnya. Sedikit tips saja, bila akan menggunakan metode ini, pilih situs directory submission yang terkenal saja, dan jangan lupa pilih situs directory submission yang memiliki peringkat bagus, Anda bisa menjadikan peringkat alexa.com sebagai patokan.

Article Submission, dengan mengirimkan beberapa artikel berkualitas ( jangan lupa untuk menyisipkan link ) ke situs penyedia layanan article submission, Anda akan mendapatkan backlink berkualitas dan tidak mungkin akan mengalami peningkatan visitor.
Social Bookmarking, Banyak master Blogger lokal yang menggunakan cara ini. Dengan mengirimkan artikel ( potongan artikel(?) ) ke situs social bookmark dan menyertakan link, maka selain mendapat backlink berkualitas, juga berpeluang akan mendapatkan visitor. Mengapa bisa demikian ? Selama situs social-bookmarking yang anda gunakan mempunyai visitor lebih banyak dari situs Anda, jangan sombong untuk tidak memanfaatkannya.

Blogging, salah satu cara paling natural namun paling susah adalah Blogging. Mengapa paling natural ? Karena Anda hanya perlu menulis Blog secara terus menerus dengan artikel berkualitas ( bukan duplikat konten dan singkat, padat, serta jelas ) dalam jangka waktu lama, jika hal tersebut dilakukan secara konstan, bukan tidak mungkin blog Anda akan menjadi blog berkualitas tinggi dan menjadi banyak rujukan dan akhirnya akan mendapat backlink berkualitas dan relevan. Mengapa paling susah ? Membuat artikel berkualitas itu tidaklah terlalu susah asalkan dengan ide sendiri, susahnya adalah dalam jumlah banyak dan rutin. Namun, hasilnya adalah backlink-backlink berkualitas dan relevan yang mengalir ke situs Anda.

Mendapatkan Link dari Mitra Bisnis, Jika Anda memiliki banyak rekan bisnis terutama di bidang Internet, maka ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan menanam link. Misalnya Anda memiliki kerjasama dengan pemilik situs lain, maka bernegosiasilah untuk saling tanam link backlink, lebih bagus lagi bila yang bekerjasama dengan Anda relevan dengan niche situs Anda.

Dapatkan Link dari Squidoo, Hubpages dan Wiki, Metode ini mirip dengan Social-Bookmarking, bedanya backlink lebih berkualitas karena situs yang dimanfaatkan juga situs yang lebih berkualitas. Salah satu yang paling terkenal dan sangat terkenal adalah Wiki. Bayangkan apabila situs Anda mendapat backlink dari situs semacam itu, rezeki besar bagi situs Anda. Bagaimana caranya ? Sumbangkan artikel berkualitas ( asli,singkat,padat, dan jelas ) situs tersebut maka imbalannya adalah backlink ke situs Anda.

Menulis Guest Posts, Banyak situs yang menawarkan fitur guests post, yaitu artikel kiriman dari pengunjung. Manfaatkanlah itu, buatlah artikel berkualitas dan sisipkan backlink di dalamnya. Salah satu siitus yang menyediakan layanan tersebut jalantikus.com (?)

Sponsor beberapa peristiwa, ini adalah metode yang paling mahal menurut saya, bagaimana tidak ? Menseponsori acara apalagi acara yang besar butuh dana yang besar pula. Jika Anda berminat silakan mencoba, barangkali nanti situs Anda langsung terkenal dengan menseponsori acara tersebut. Jangan lupa minta backlink ( seharusnya tanpa meminta pun sudah diberi ) dari situs resmi acara tersebut.

Meningkatkan pengaruh sosial media, Promosi ke sosial media ? Mengapa tidak ? Tapi tidak mudah lho. Judul dan artikel berkualitas pun belum cukup menarik pengunjung dari sosial media ke situs Anda. Anda harus membuat judul dan caption sensasional ( yang tidak melenceng dari isi blog ) supaya kelihatan menarik untuk diklik ? Mudah ? Mungkin tidak bagi Si Jujur, tapi akan sangat mudah bagi penulis berita hoax.
 
Membuat template gratis, cara ini membutuhkan keahlian, namun efektif. Jangan lupa untuk menyisipkan backlink ke situs Anda di bagian footer, dan saya sarankan apabila Anda bisa, gunakan script khusus agar meminimalisir penghapusan backlink Anda, seperti apabila link dihapus maka situs yang menghapus tersebut akan dialihkan ke situs Anda. Apabila Anda berhasil membuat template yang bagus, gratis, dan diminati banyak orang, banyak backlink pun akan didapat.
 
Perlu Diketahui: Melakukan Link Building atau tanam backlink terlalu sering dan terlalu banyak akan mengakibatkan situs Anda akan diberi hukuman oleh mesin pencari.
Tag : Blogger
Back To Top