Definisi Uang Menurut Para Ahli

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dewasa ini, uang hampir seperti kebutuhan primer manusia, bahkan hampir segalanya dikerahkan demi mendapatkan apa yang namanya “uang”. Secara sederhana, uang merupakan sebuah alat tukar. Namun ternyata uang tidak sesederhana itu, bagi kebanyakan orang, uang adalah benda yang sangat berharga karena uang bisa digunakan untuk mendapatkan apapun* yang diinginkan ( kecuali beberapa hal ). Namun sebanarnya apa sih uang itu ? Berikut akan admin sajikan beberapa definisi uang menurut para ahli.

Definisi Uang

      • Rollin G. Thomas

Menurut Rollin G. Thomas, uang adalah sesuatu yang siap dan umum diterima oleh publik dalam pembayaran bagi pembelian barang-barang, jasa-jasa, dan kekayaan bernilai lainnya serta untuk pembayaran utang.
      • George N. Halm

Menurut George N. Halm uang adalah sebagai alat untuk mempermudah pertukaran dan segera dapat mengatasi kesukaran-kesukaran dalam barter.
      • Robertson

Robertson mendefinisikan uang sebagai sesuatu yang umum ( luas ) diterima untuk pembayaran barang-barang.
      • Albert Gailort Hart

Menurut Albert Gailort Hart, uang merupakan kekayaan yang oleh pemiliknya dapat digunakan untuk membayar sejumlah utang dengan segera tanpa menunda.
      • A.C. Pigou

A.C. Pigou mendefinisikan uang sebagai segala sesuatu yang umum digunakan sebagai alat penukar.
Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa uang adalah alat yang digunakan untuk alat tukar, mempermudah tukar menukar barang dan bisa juga digunakan untuk membayar utang piutang. Sekian, semoga bermanfaat
Sumber : Ilmu Pengetahuan Sosial 3B SMP Kelas IX Penerbit Zamrud, diambil 2016

Back To Top