Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Merusak Kualitas Online

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dewasa ini, segala hal yang berbau elektronik berkembang sangat pesat, salah satunya adalah gambar. Dahulu gambar elektronik hanyalah gambar hitam putih atau jikapun berwarna kualitasnya sangat buruk, berbeda dengan sekarang, gambar sangat jernih dan sangat bagus hingga bisa diperbesar puluhan kali bahkan ratusan kali dan masih sangat jelas, namun ukurannya tentulah sangat besar. Kamrea ponsel pun juga semakin berkembang, yang dahulu mungkin satu gambar memakan 64 KB sekarang bisa 20 MB, beda jauh bukan ? 
Bagi para Blogger yang sering menggunakan gambar dalam postingannya, tentunya itu menjadi kendala tersendiri, salah satunya membuat situs menjadi lelet karena ukuran gambar terlalu besar. Salah satu jalan keluar adalah memperkecil ukuran gambar ( yang dimaksud di sini bukan ukuran resolusi ). Berikut ini akan admin bagikan tutorial cara memperkecil ukuran gambar secara online tanpa merusak kualitas ( merusak dan mengurangi beda ya ^_^ )  
Pertama, buka http://jpeg-optimizer.com/ !
Kedua, masukkan gambar ke situs tersebut dengan mengklik "telusuri"* !
Ketiga, pilih kualitas, semakin tinggi angka ukuran semakin besar dengan kualitas yang bagus, semakin kecil angka semakin kecil ukuran dan semakin buruk kualitasnya!
Keempat, apabila tidak ingin meresize gambar, hilangkan tanda centang!
Kelima, Optimize Photo !
TInggal tunggu prosesnya selesai dan selamat kini anda berhasil mengurangi ukuran gambar secara online, sekarang gambar tersebut bisa diunduh dan diupload ke blog atau ke tempat lain. Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

NB : * beda perangkat beda bahasa.
Back To Top