Cara Menentukan Gradien Persamaan Garis

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Gradien

Jika kalian pernah membaca ( mempelajari ) materi Persamaan Garis Lurus, kalian akan menemukan apa yang namanya gradien. Sebenarnya dalam buku-buku yang sudah disediakan pemerintah sudah lengkap penjelasannya, baik cara mengetahui garis sejajar dan semacamnya. Namun apabila kalian masih bingung atau menganggap cara untuk menentukan gradien yang berada di buku-buku tersebut masih cukup rumit, tidak salahnya kalian mencoba cara yang admin pelajari dari “sumber belajar” sejenis, mari simak bersama.

Menentukan Gradien dari Persamaan Garis Lurus

Sebelumnya kita harus mengetahui konsep dasarnya dahulu bahwa m = – a/b atau – ( a/b ) dan bentuk dari persamaan garis lurus adalah ax + by + c = 0
Misalnya jika ada soal 4x – 5y + c = 0, maka jika kita sudah tahu konsep dasarnya, kita bisa menyimpulkan bahwa a = 4, b = -5. Jadi gradiennya adalah m = -4/-5 <=> 4/5 atau – ( 4/-5) <=> 4/5
Ada lagi contoh soal yang cukup menjebak, misalnya 5y – 6x + 21 = 0, anda harus teliti, ternyata posisi x dan y ditukar. Namun apabila kita sudah paham konsep dasar yang admin jelaskan tadi, itu bukan menjadi masalah. Hanya masalah ketelitian saja, kalian harus tetap ingat bahwa angka di depan x itu adalah a dan di di depan y itu adalah b. Jadi berapa gradiennya ? a = -6, b = 5 maka m = – (-6)/5 <=> 6/5 atau – (-6/5) <=> 6/5.

Contoh soal

Tentukan gradien dari persamaan garis berikut !
  1. 9x – 6y + 7 = 0
  2. 2x + 5y = 32
  3. 54y – 6x + 1 = 0
  4. (2/5)y – ( 1/5)x + 0,2 = 0
Sekian dulu penjelasan dari admin, untuk mencari gradien pada persamaan garis tegak lurus dan sebagainya ( Insha Allah ) akan admin bahas pada artikel yang akan datang.

Back To Top