Cara Memperkecil Ukuran Video lewat Android

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Pernahkah kalian merekam momen-momen berharga atau mendownload video-video yang bagus dari internet, tapi ukurannya terlalu besar sehingga membuat memori penuh, sangat disayangkan apabila dihapus, namun ingin menambah koleksi video. Memang, ponsel zaman sekarang semakin canggih, bisa merekam video dengan resolusi HD bahkan SHD. Namun sayangnya ukurannya terlalu besar.
Solusinya adalah dengan memperkecil ukuran video tersebut, memperkecil di sini bukan berarti harus memperkecil resolusi video, namun memperkecil ukuran dari video tersebut tanpa harus menggunakan PC. Bagaimana caranya ? Simak baik-baik langkah-langkahnya :
  • Pertama, buka Playstore  dan cari "video zip" tanpa tanda petik ! Pilih yang berjudul " Video Trimmer Guru " tanpa tanda petik, lalu install !
  • Kedua, buka aplikasi, lalu pilih video yang akan diperkecil ukurannya !

  • Ketiga, jika menghendaki penurunan kualitas silahkan pilih kualitas video, jika menghendaki penurunan resolusi video maka pilih resolusi video! Semakin resolusi dan atau kualitas semakin kecil pula ukuran video. Namun apabila anda tidak ingin mengurangi kualitas dan resolusi video, biarkan saja atau pilih yang tertinggi, lalu pilih compress !
  • Keempat, Tunggu sampai proses selesai ! NB : progress bar berjalan mundur

Sekarang video anda berhasil diperkecil ukurannya, sebagi contoh saya menggunakan video hasil rekaman telepon pintar saya yang berkuruan 141 MB memang terlalu besar bagi saya, lalu saya perkecil dengan mengurangi resolusi dan kualitas dan menjadi 2,2 MB sangat signifikan bukan ? Saya juga pernah mencoba memperkecil tanpa mengurangi kualitas dan resolusi, ternyata ukuran juga bisa berkurang. 

Demikian artikel singkat saya mengenai Cara Memperkecil Ukuran Video lewat Android. Semoga bermanfaat bagi anda. Silakan mencoba !

Tag : Android
Back To Top