Cara Membuat Template jadi Ringan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Banyak di luar sana template-template bagus yang disajikan baik gratis maupun berbayar, namun sayangnya tidak semua template memiliki loading cepat apalagi SEO Friendly. Banyak template bagus, sayangnya berat sehingga lama untuk dimuat. Loading blog juga mempengaruhi pengunjung loh! Apabila ada orang yang ingin membuka sebuah halaman lalu loadingnya sangat lama, kemungkinan besar orang tersebut tidak jadi mengaksesnya dan pindah ke halaman lain, merugikan bukan ?
Banyak faktor yang mempengaruhi loading blog, mulai dari gambar, widget, koneksi internet, sampai template. Nah kali ini, admin akan bagikan tutorial cara membuat template jadi lebih ringan dan tentunya juga akan berdampak pada loading blog. Langsung saja simak caranya :
  • Pertama, buka Blogger.com, lalu pilih blog yang akan anda ringankan templatenya dan masuk menu template!
  • Kedua, klik edit html dan salin semua kode di dalam template. NB : Untuk jaga-jaga, backup / cadangkan template terlebih dahulu!
  • Ketiga, buka http://htmlcompressor.com/compressor.html dan paste kode html template tadi dan klik compress!
  • Keempat, jika muncul notifikasi klik change!
sebagai contoh, admin gunakan template "blogku" by mas Sugeng
  • Kelima, hasil compress tadi silakan disalin semua dan replace semua kode template di blog dengan template hasil compress!
  • Keenam, Simpan template!

Apabila blog anda menjadi berubah tampilannya, itu memang efek sampingnya. Namun apabila "sesuatu" yang hilang itu sangat penting, maka anda bisa mengembalikannya dengan menyalin "kode yang perlu" di template lama yang sudah anda backup terlebih dahulu.
Tag : Blogger
Back To Top