Apa itu SEO On Page dan SEO Off Page ? Lebih Baik Mana SEO Off Page dan SEO On Page ?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com

Salah satu faktor penting terindeks-nya sebuah artikel di halaman pertama mesin pencari adalah SEO ( Search Engine Optimization ). Jika kita mempelajari Ilmu SEO maka akan banyak jenisnya, dari yang paling basic sampai yang super rumit. Namun secara garis besar SEO dibagi menjadi 2 yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Mungkin sudah banyak yang tahu akan kedua istilah ini karena mungkin ini adalah ilmu dasar SEO, namun tidak ada salahnya mempelajarinya lagi atau mungkin bila anda belum tahu apa itu SEO On Page dan SEO Off Page serta lebih baik mana SEO On Page dan SEO Off Page silahkan simak sedikit uraian admin berikut :

SEO On Page

Jika kita lihat dari namanya, secara "asal" kita bisa menerjemahkannya menjadi SEO di dalam halaman. Apa maksunya ? Secara sederhana SEO On Page adalah cara optimasi sebuah artikel melalui artikel tersebut. SEO On Page ini memang bisa terlihat sederhana namun sangat penting. Namun sayangnya, banyak para Blogger yang mengabaikan ilmu SEO On Page ini karena mereka tidak tahu. Apa saja langkah mudah SEO On Page itu ? Karena artikel ini akan saya sajikan secara ringkas dan mudah dipahami, maka admin akan ambil beberapa saja agar mudah diterapkan, sebenarnya ilmu SEO On Page ini sangat banyak namun admin sertakan 4 saja.
1. Menggunakan Style H1, H2, dan H3 di dalam Artikel

Ini adalah ilmu yang paling mudah dalam SEO On Page, kenapa ? Karena kita hanya perlu menggunakan "mem-blok" suatu bagian tulisan dan mengganti style-nya. Opsi ini tersedia dalam Platform WordPress dan Platform Blogger secara default, terletak jelas "tools" nya saat kita menulis artikel. Biasanya terletak berdekatan dengan opsi mengganti ukuran font. Masih bingung apa itu H1, H2, dan H3 ? H1 adalah singkatan dari Heading 1; H2 adalah singkatan Heading 2; dan H3 adalah singkatan dari Heading 3.
2. Menyertakan Keyword di Dalam Judul

Ini juga merupakan cara yang mudah namun kita juga perlu berpikir untuk ini. "Keyword" atau bahasa Indonesia nya adalah "kata kunci" secara sederhananya adalah kata yang dicari dalam search engine. Misalnya kita punya artikel "Motif Batik", nah apabila kita hanya menuliskan Motif Batik dalam judul saja, saya kira mungkin kurang menarik, maka bisa ditambah kata kuncinya menjadi :
"Motif Batik yang Mudah Digambar"

"Motif Batik Sederhana "
Atau misalnya anda punya artikel bernama "Cara Membuat Blog" bisa anda ubah judulnya menjadi

"Cara Membuat Blog dalam Sekejap Gratis"

"Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis"
dsb"
3. Masukkan Keyword dalam Paragraf Pertama dan Terakhir

Cara ini membutuhkan kreatifitas dalam mengolah kalimat supaya artikel menjadi kelihatan menarik dan juga berisiko tinggi. Menurut para "Pakar" hal ini menjadi nilai plus SEO dalam artikel anda apabila anda menerapkannya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam memasukkan kata kunci bahkan sampai kata kunci yang tidak ada di dalam artikel pun juga dimasukkan, karena dapat menurunkan kualitas artikel di mata pembaca dan pembaca akan menghindari untuk membuka blog anda untuk kedua kalinya. Risikonya besar, namun manfaatnya juga besar.
4. Buat Artikel Menarik
Ada beberapa cara supaya artikel bisa kelihatan menarik. Langsung saja, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Bila Memungkinkan Buat Artikel 500 ++ kata
  • Buat Artikel yang Tema-nya Sedang Nge-Tren

  • Buat Artikel yang Tema-nya Sedang Diperdebatkan ( Risiko Sangat Tinggi )
  • Masukan Gambar dalam Artikel

SEO Off Page

Ini adalah kebalikan dari SEO On Page. Jika SEO On Page adalah cara mengoptimasi SEO di dalam artikel maka SEO Off Page adalah mengoptimasi di luar artikel. SEO Off Page memiliki banyak ilmu cabang, namun admin hanya akan bahas secara sederhana saja. SEO Off Page lebih banyak diterapkan oleh para Blogger karena caranya terbilang cukup mudah namun sayangnya berisiko tinggi. Bisa dibilang SEO Off Page risikonya lebih besar daripada SEO On Page, namun tidak ada salahnya menerapkannya, kalau tidak diterapkan nilai SEO blog kita mungkin akan cenderung redah. Apa saja langkah mudah SEO Off Page ?
1. Submit Artikel ke Webmaster Tools

Jika anda ingin artikel anda dibaca oleh banyak orang di search engine, tentunya kalian wajib mendaftarkan artikel tersebut ke search engine. Bisa Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Sebelumnya saya pernah membahas tutorial bagaimana cara submit artikel search engine ke google itu adalah salah satu contoh submit artikel, semoga bisa membantu.
2. Tanam Backlink di Blog Lain

Salah satu metode SEO Off Page yang paling banyak diterapkan adalah Backlink. Banyak cara agar anda bisa mendapatkan backlink, bisa dengan Tukar Link, Berkomentar di Blog Orang dengan "Name/Url" atau Berkomentar di Blog WordPress. Namun untuk mendapatkan backlink berkualitas, pastikan anda menanam backlink tersebut di blog / situs yang berkualitas supaya bisa bermanfaat bagi situs anda. Namun jangan terlalu berlebihan dengan backlink..!! Kenapa ? Karena Algoritma Google bisa mendeteksi apabila "berlebihan" menggunakan backlink bisa dianggap Spam.
3. Submit Artikel ke Situs Social Bookmarking

Ini adalah langkah SEO Off Page paling menguntungkan. Dengan langkah ini, anda bisa mendapatkan ratusan bahkan ribuan visitor baru ke blog anda. Apa saja situs social bookmarking itu ?
  • Infogue.com
  • Liputan 6
  • dan masih banyak lagi ( bisa dicari di Google )

3. Penutup

Lebih Penting Mana SEO On Page atau SEO Off Page ?

Dari referensi yang saya baca, banyak yang merujuk bahwa SEO On Page adalah yang paling penting dan yang sangat penting. Karena apa ? Karena anda membuat artikel adalah ditunjukkan kepada pembaca bukan kepada mesin pencari. Namun anda juga jangan meninggalkan SEO Off Page begitu saja, karena itu juga merupakan faktor penting nilai SEO blog anda. Jika anda hanya menerapkan SEO On Page saja, hasilnya tentu tidak optimal. Tapi apabila anda hanya menerapkan SEO Off Page saja, tidak akan optimal.
Tag : Blogger
Back To Top