4 Fase atau Siklus Perkembangan Sebuah Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sumber : Wikipedia.org
Sebenarnya saya lebih suka menyebut ini tahap daripada fase, namun karena permalink-nya sudah begitu ya mau gimana lagi. Pernah mendengar iklan atau sebuah kisah yang menyebutkan bahwa banyak blogger yang sukses menjadi jutawan atau milyarder. Anda salah jika menganggap blogging itu tidak membutuhkan kerja keras. Blogging membutuhkan ketekunan, kreativitas, dan modal yang tidak sedikit. Jika anda ingin tahu tahap apa saja yang dilalui para blogger sukses, simak tahap-tahap blogger dari nol hingga sukses berikut ini :

1. Tahap Pendirian

Ini adalah tahap paling awal dalam "kehidupan" blog, dalam fase ini para blogger melakukan kesibukan ekstra terhadap blognya. Pertama adalah membuat konten berkualitas ( ini wajib ) secara rutin. Kedua adalah mendesain template, agar blog menjadi lebih menarik dan SEO friendly dibutuhkan template yang bagus dan ringan. Pada fase ini tidak jarang template sering diganti karena blogger harus menentukan mana template yang cocok menurut hati dan berbagai pertimbangan. Selain itu, pada fase ini para blogger disibukkan dengan yang namanya SEO. Namun sayangnya banyak yang terburu-buru "ingin dapat uang" padahal mereka baru saja memulai, sebaiknya jangan terburu-buru karena masih ada tahap berikutnya. Tahap ini bisa berlangsung sekitar 3 - 6 bulan tergantung ketekunan.

2. Tahap pertumbuhan trafik

Tahap ini adalah di mana pengunjung blog sudah mengalami penigkatan yang tidak banyak anjloknya mungkin bisa berkisar lebih dari 600 visitor perhari dan paling anjloknya adalah 600an. Tahap ini adalah dampak dari usaha yang dilakukan pada tahap sebelumnya, seperti suksesnya ramuan optimasi SEO, membuat konten berkualitas dll. Pada tahap ini tetaplah fokus untuk membuat artikel berkualitas, yang penting ARTIKEL DULU BARU SEO. Backlink, Social Bookmarking hanya opsional saja. Yang penting masih rutin update artikel mungkin seminggu sekali. Meskipun dalam tahap ini "katanya" sudah bisa dimonetisasi, namun saya yakin kurang optimal. Mungkin tahap ini berlangsung 10 bulan jika memang diterapkan.

3. Tahap Kematangan

Tahap ini sudah sangat menyenangkan, karena usaha yang keras dan tekun mendapat sebuah balasan yang setimpal, yaitu trafik yang banyak. Ribuan ( 2000++ trafik mengalir perharinya dan stabil, blog sudah siap untuk dimonetisasi, namun jangan lupa bahwa orang membaca sebuah blog karena kontennya jadi jangan lupakan update artikel rutin supaya tidak kehilangan apa yang telah anda usahakan.
4. Tahap Pemeliharaan
Jika sudah sukses banyak visitor, jangan lupakan update artikel rutin,kenapa ? Karena pemilik blog bukan hanya anda, namun ribuan diluar sana berkompetisi merebut visitor dengan anda.
Bagaimana ? Apakah anda masih berpikir bahwa membuat blog agar menghasilkan uang itu hanya butuh waktu singkat ? Ternyata tidak bukan ? Butuh waktu yang lama dan modal yang besar ( kuota, domain, dsb ). Jadi jangan mudah menyerah untuk jadi blogger sukses, mie instan saja perlu waktu untuk matang dan juga racikan bumbu agar enak.
Tag : Blogger
Back To Top