Rasul Ulul Azmi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com


Ulul Azmi

Nabi dan Rasul yang wajib kita imani berjumlah 25 orang, dari nabi Adam hingga nabi Muhammad. Ternyata di antara 25 rasul tersebut ada 5 orang rasul yang diberi gelar “Ulul Azmi” yang artinya rasul tersebut memiliki keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dari Allah Swt..Selain itu, rasul yang diberi gelar “ulul azmi” juga diberi mu’jizat oleh Allah Swt.. Siapa saja rasul-rasul tersebut ?

Nabi Ulul Azmi

Nabi Nuh

Nabi Nuh a.s. diberi mu’jizat oleh Allah Swt. dapat membuat bahtera yang amat besar sehingga dapat menampung sangat banyak orang ( umatnya yang beriman kepada Allah Swt. ) serta hewan-hewan pada masa tersebut.

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim memiliki mu’jizat yang luar biasa, yaitu beliau ( atas izin Allah Swt. ) tidak terbakar oleh api saat dibakar oleh raja Namrudz.

Nabi Musa

Masih ingat tentang tongkat nabi Musa ( yang dapat berubah menjadi ular raksasa ) ? Itu adalah salah satu mu’jizat Nabi Musa yang diberikan oleh Allah Swt.. Selain itu, mu’jizat yang dimiliki nabi Musa antara lain, dapat membelah laut merah ( ketika ia sedang dikejar oleh bala tentara dan raja fir’aun ) serta tangannya dapat mengeluarkan cahaya ketika ia dimintai bukti atas kerasulannya.

Nabi Isa

Mu’jizat yang dimiliki nabi Isa antara lain dapat membuat burung dari tanah, dapat mengobati berbagai penyakit yang sangat sulit diobati, bahkan bisa menghidupkan orang yang sudah meninggal walau hanya sebentar. Sayangnya karena mu’jizat tersebut, banyak orang ( sesat ) yang menganggapnya sebagai Tuhan, padahal sebenarnya mu’jizat tersebut adalah pemberian Allah Swt. dan nabi Isa juga memerintahkan untuk menyembah Allah Swt.

Nabi Muhammad

Nabi Muhammad memiliki beberapa mu’jizat yang sangat mengagumkan, antara lain dapat membelah bulan ( meskipun hanya tampaknya* *kalimat di buku yang saya baca ), dapat mengeluarkan air dari celah-celah jarinya, peristiwa Isra Miraj dan lainnya.
Untuk artikel kali ini cukup sekian dulu, bila ada koreksi kesalahan, penambahan dan komentar / saran mohon dengan sangat lampirkan di kolom komentar. Terima kasih.

Sumber :

Kemendikbud. 2014. Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPT/MTs. Jakarta: Kemendikbud.
Back To Top