Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Rekaman Percobaan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com

Mari Mengingat Kembali !

Pada pembelajaran kurikulum 2013, tepatnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) diajarkan berbagai teks termasuk teks prosedur dan teks rekaman percobaan. Teks Prosedur dipelajari pada kelas VIII sedangkan Teks Rekaman Percobaan dipelajari pada kelas IX. Jika dilihat sekilas memang teks tersebut hampir tidak memiliki perbedaan karena kedua teks tersebut sama-sama berisi cara untuk membuat sesuatu, namun apabila kita amati dan pelajari lebih lanjut, maka Teks Prosedur dan Teks Rekaman Percobaan memiliki perbedaan, apa saja ? Mari kita pelajari bersama.

Perbedaan

Struktur Teks

Teks Prosedur dan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur yang berbeda. Teks Prosedur memiliki struktur : 1. Tujuan 2. Langkah-langkah. Sedangkan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur teks : 1. Tujuan serta alat dan bahan 2. Langkah-langkah 3. Hasil 4. Simpulan.

Unsur Kebahasaan

Unsur kebahasaan yang dimiliki Teks Prosedur memang hampir sama dengan yang dimiliki Teks Rekaman Percobaan. Teks Prosedur memiliki unsur kebahasaan : sinonim, kata bilangan, dan antonim. Sama halnya dengan Teks Rekaman Percobaan juga terdapat kata bilangan, di dalam teks rekaman percobaan kata bilangan juga menggunakan angka, baik angka romawi ( I, II, III, dst ) dan angka arab ( 0, 1, 2, 3, dsb ), penggunaan angka arab bisa diganti dengan angka romawi dan juga bisa sebaliknya.

Penutup

Itu saja yang admin ketahui, barangkali ada yang menemukan perbedaan lain ? Jangan sungkan untuk berbagi, lampirkan di kolom komentar apa yang kamu temukan. Sekian, semoga bermanfaat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



Back To Top