Nilai Nilai yang terkandung dalam Ideologi Terbuka Pancasila

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

sumber : id.wikipedia.org
Pada artikel sebelumnya, admin telah membahas bahwa Pancasila adalah ideologi terbuka. Pada artikel kali ini admin akan menjabarkan lebih lanjut Pancasila sebagai ideologi terbuka, yaitu dengan menjabarkan Nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Terbuka Pancasila. Langsung saja berikut penjabarannya yang admin kutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 edisi 2015.

Nilai yang Terkandung

Nilai Dasar

yaitu hakikat kelima sila Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah kebijaksanaan dalam Kemusyawaratan dan Perwakilan, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai dasar tersebut bersifat universal sehingga di dalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Nilai dasar ini bersifat tetap dan melekat pada kelangsungan hidup negara. Nilai dasar tersebut selanjutnya dijabarkan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Nilai instrumental

yaitu penjabaran lebih lanjut dari nilai-nilai dasar ideologi Pancasila. Misalnya, program-program pembangunan yang dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat. Selain itu, undang—undang dan departemen-departemen sebagai lembaga pelaksana juga dapat berkembang. Pada aspek ini senantiasa dapat dilakukan perubahan.

Nilai praksis

yaitu merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam realisasi praksis inilah penjabaran nilai-nilai Pancasila senantiasa berkembang dan selalu dapat dilakukan perubahan dan perbaikan (reformasi) sesuai dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat inilah sebabnya bahwa ideologi Pancasila merupakan ideologi yang terbuka.
Sumber :
Kemendikbud. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.
NB : Admin tidak berani mengubah ( sebagian besar ) kutipan karena admin tidak mau terjadi perbedaan makna.
Back To Top