Short Functional Text ( Teks Fungsional Pendek )

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Short Functional Text merupakan salah satu materi Ujian Nasional SMP / MTs tahun 2015 / 2016 pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Kebetulan saya juga sedang mempelajarinya dan untuk mencoba berbagai metode dalam belajar, maka saya akan menuliskan apa yang saya pelajari di dalam artikel ini semoga bermanfaat bagi anda. Short Functional Text ada banyak jenisnya, dari buku yang saya baca, short functional text berjumlah 9 buah. Apa saja ? Mari kita bahas bersama-sama.
Jenis-Jenis Short Functional Text

Announcements
sumber : commons.wikipedia.org
Announcements atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “pengumuman” adalah pemberitahuan resmi ( pernyataan ) yang pada umumnya dalam bentuk tulisan atau ada juga berupa lisan yang berisi sesuatu untuk diberitahukan ke banyak orang. Pengumuman biasa kita jumpai pada papan pengumuman kelas atau sekolah. Misalnya pengumuman sekolah akan mengadakan lomba menyanyi, pengumuman kehilangan uang, dsb. Pengumuman biasa dipasang ( ditempel ) pada tempat yang mudah ditemukan banyak orang dan yang mudah untuk terbaca orang. Contoh Pengumuman ( dalam bahasa Inggris ) adalah sebagai berikut :

IMPORTANT

To commemorate National Art Day, our school will hold several competitions as follows :

– Singing Contest

– Drawing

– Dancing Contest

All classes should send their representatives to parcitipate ( min. 1 ) competition.

Registration is open from 8 – 9 June 2011 at the Student Centre every day during the break time. There will be trophies and interesting prizes to win.

Bimasena

Chairperson

Invitations
Invitations atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “undangan” adalah ajakan dari seseorang kepada orang lain untuk mengikuti sebuah kegiatan atau acara tertentu, misalnya undangan ulang tahun, undangan pesta, dsb. Dalam sebuah undangan ( seharusnya ) dicantumkan nama orang yang diundang, nama orang yang mengundang, tempat, waktu, acara yang dimaksudkan, serta ( bila perlu ) informasi tambahan.

To : All Students Grade IX

Please attend additional classes for the national examination preparation. This programme will be held once a week for five months. Each meeting will last for twenty minuter and it will start on 30 Frebruary 2011 at 9 p.m.

Mr. Bimasena

Vice Principal of Student Affairs

Short Messages
Short Massages atau dalam bahasa Indonesia dikenal “pesan pendek” adalah sebuah tulisan yang dikrimkan oleh orang ke orang lain, biasanya surat pendek bersifat individu atau kepentingan pribadi. Pesan pendek atau short massage ada yang dikirim melalui SMS ( text ) atau ada juga yang ditulis pada selembar kertas. Yang paling umum ditemui adalah pesan pendek melalui SMS, lalu bagaimana dengan yang menggunakan kertas ? Biasanya pesan pendek yang ditulis dengan selembar kertas hanya diletakkan di tempat di mana si penerima nanti mudah membacanya. Misalnya ibu menulis sebuah surat pendek untuk anaknya yang berisi “ibu sedang pergi ke rumah sakit menjenguk teman ibu, ibu nanti pulang malam” lalu surat tersebut ditaruh di dekat pintu atau di kamar anaknya. Short Message biasanya ( seharusnya ) berisi :
– Nama orang penulis pesan ( pengirim )

– Nama orang yang dituju ( penerima )

– Isi pesan yang ditulis secara singkat, padat, dan jelas.

Contoh Short Message dalam bahasa Inggris antara lain adalah sebagai berikut :

Bima, I’m using your phone at the moment to call my mother. Sorry for not informing you about this before.

Sena

Warnings / Cautions / Notices
Warning atau “peringatan keras” merupakan rambu-rambu yang dipasang di tempat-tempat tertentu untuk alasan keselamatan orang / banyak orang. Warning adalah peringatan yang bersifat lebih tegas dan risiko yang terjadi apabila dilanggar lebih besar daripada caution. Secara sederhana, warning ( hampir ) sama dengan Prohibition ( larangan ). Contoh Warning dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

– THIS HOUSE IS PROTECTED BY LION.

– VERY HIGH RADIATION AREA, DON’T ENTER !

Cautions atau “peringatan” merupakan rambu-rambu yang dipasang di tempat tertentu yang bertujuan agar orang waspada akan risiko yang terjadi. Cautions biasanya berisi peringatan yang memiliki tujuan agar orang berhati-hati. Contoh Cautions adalah sebagai berikut :

– WINDY ROAD, KEEP ALERT !

– DON’T DROP ! HANDLE WITH CARE !

Notices atau “pemberitahuan” adalah sebuah pemberitahuan yang dipasang di tempat-tempat tertentu, sifatnya hanya untuk memberitahu atau mengimbau untuk tidak melanggar. Risiko yang ditimbulkan tidak sebesar cautions atau warning. Contoh notices adalah sebagai berikut :

– Don’t Enter, Staff Only

– Turn Off The Lamp Before Leaving Mosque.

Letter / E-Mail

Letter ( Surat ) atau E-Mail ( Surat Elektronik ) adalah sarana komunikasi lewat tulisan. Surat ( Letter ) biasanya dikirim lewat kantor pos, namun sekarang pengiriman surat lewat kantor pos sudah jarang digunakan, sekarang sudah ada sarana yang lebih praktis yaitu melalui jaringan internet. Surat yang ditulis secara elektronik dan dikirim secara elektronik disebut e-mail ( electronic mail ). Surat lebih kompleks daripada pesan singkat, surat terdiri dari beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :

– Alamat Pengirim Surat ( Sender’s Address )

– Tanggal Penulisan Surat ( Date ).

– Alamat Penerima Surat ( Receiver’s Address )

– Salam Pembuka ( Greeting / Salutation )

– Isi Surat ( Body of Letter )

– Penutup ( Closing ), Berisi Salam Penutup, Tanda Tangan, dan Nama Pengirim Surat.

Contoh surat adalah sebagai berikut :

Jalan Slamet Riyadi no. 7

Surakarta

2 March 2009

Jalan Slamet Riyadi no. 8

Surakarta

Dear Bimasena.

[ Isi Surat ]

Cheers

[ Tanda Tangan ]

Bimagz

E-mail juga memiliki bagian-bagian sendiri yaitu adalah sebagai berikut :
Header 
berisi
– Alamat E-Mail Pengirim Surat ( Sender’s E-Mail Address )

– Tanggal Penulisan Surat ( Date ).

– cc ( carbon copy ) :Alamat E-Mail Penerima Surat ( Receiver’s E-Mail Address )

Message Body
berisi
– menjelaskan isi surat

Signature

Advertisements
Advertisements atau dikenal sebagai “iklan” merupakan sebuah media / sarana untuk mengajak pembaca / pendengar / pemirsa iklan untuk memakai barang / jasa yang mereka promosikan. Iklan bisa melalui koran, radio, televisi, dsb. Mungkin tanpa panjang lebar anda menjelaskan, anda sudah tahu apa itu iklan, dan untuk contohnya admin tidak menyertakan, karena sudah terlalu banyak contoh iklan di luar sana.

Greeting Cards
Greeting cards dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “kartu ucapan”, kartu ucapan bisa dalam bentuk kartu ucapan selamat ulang tahun / terima kasih / doa cepat sembuh / selamat / liburan.
Salah satu contoh kartu ucapan antara lain adalah sebagai berikut.

Dear Bimagz

Congratulation on your success as the medal winner of the Mathematic Olympiad Competition! Always be the best !

Your Admin

Bimagz

Label
Label merupakan suatu informasi penting yang tercantum pada suatu produk, misalnya pada kemasan obat, bungkus makanan, dsb. Dalam label biasanya terkandung informasi sebagai berikut :

– Komposisi ( Ingridients )

– Takaran ( Dose )

– Tanggal Produksi ( Production Date )

– Kadaluwarsa ( Expiration Date )

– Informasi Nilai Gizi ( Nutrition Facts )

Schedule
Schedule atau “Jadwal” atau bahasa serapannya yaitu skejul adalah sebuah program pembagian waktu untuk mempermudah dan mengorganisir pelaksanaanya.
Back To Top