Jenis Jenis Frasa ( berdasarkan distribusi unsur pembentuknya )

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Frasa

sumber : internet
Pada pelajaran Sekolah Dasar, mungkin kalian pernah mendengar apa yang dinamakan sastra. Mungkin dikenalkan saat kita diberitahu cara menentukan S, P, O, dan K dalam suatu kalimat. Dulu pernah diajarkan bahwa suatu kalimat terdiri dari beberapa frasa, suatu frasa terdiri dari beberapa morfem, dan morfem terdiri dari beberapa huruf ( jika ada salah mohon beritahukan bagaimana yang benar ). Ternyata seperti halnya kalimat, ternyata frasa juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja ? Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Frasa

Sebelum menginjak jenis-jenis frasa, mari kita ketahui apa yang dimaksud dengan frasa. Frasa merupakan satuan gramatikal yang merupakan kesatuan linguistik dan tidak melebihi batas fungsi atau jabatan kalimat ( S, P, O, Pel, dan K ). Frasa ternyata memiliki unsur inti. Inti frasa merupakan unsur utama atau pokok yaitu unsur yang diterangkan ( D ) dan atribut pewatas adalah unsur yang menerangkan ( M ).

Macam-Macam Frasa

Seperti yang sudah saya katakan tadi, ternyata frasa juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Lalu apa saja jenis-jenis atau macam-macam frasa ? Langsung saja, ini penggolongan sastra berdasarkan distribusi unsur pembentuknya.

Frasa Eksosentris

Frasa eksosentris merupakan frasa yang mempunyai penyebaran tidak sama dengan unsurnya atau tidak memiliki inti frasa. Ciri-ciri frasa eksosentris adalah diawali dengan kata depan dan kata sambung.

Frasa Endosentris

Frasa endosentris merupakan frasa yang memiliki distribusi ( penyebaran ) sama dengan unsurnya atau memiliki inti frasa. Frasa endosentris dibagi lagi menjadi 2 ( dua ) bagian, yaitu :

Frasa Endosentris koordinatif

Frasa Endosentris Koordinatif yaitu frasa endosentris yang terdiri atas unsur setara, dapat disisipi kata “dan” atau “atau”.

Frasa endosentris atributif

Frasa endosentris atributif merupakan frasa endosentris yang terdiri atas unsur tidak setara. Frasa endosentris atributif juga dibagi menjadi 2 ( dua ) bagian, yaitu :
a. Atributif Berimbuhan, contohnya :
anak termuda, garis pembatas
b. Atributif Tak Berimbuhan, contohnya :
sedang makan, halaman luas

Frasa Endosentris Apositif

Frasa endosentris apostif merupakan frasa endosentris yang atributnya berupa keterangan tambahan.
Sekian yang dapat admin tuliskan, semoga bermanfaat.. Jika ada kesalahan, mohon tuliskan di kolom komentar.

Sumber :

  • Buku Detik-Detik Penerbit Intan Pariwara SMP/MTs tahun 2015/2016 Bahasa Indonesia.
Admin hanya berniat menyebarluaskan ilmu, bukan untuk merugikan atau melanggar hak cipta suatu pihak.


Back To Top