Apakah Embed Video Orang Lain Melanggar Hak Cipta ?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Hak Cipta

Hak Cipta menurut saya adalah hal yang paling banyak dilupakan oleh para Blogger sekarang ini. Tidak jarang kita temui Blogger yang suka copas isi blog orang lain tanpa izin dan bahkan tanpa sumber, selain itu Hak Cipta Gambar juga banyak dilanggar oleh Blogger. Banyak Blogger yang tinggal mencari gambar di google image dan memasukannya di blog tanpa memandang gambar tersebut boleh digunakan ulang atau tidak dan mirisnya lagi, kebanyakan mereka tidak menyertakan sumber dari mana gambar tersebut diambil.

Embed Video

Namun bagaimanakah dengan embed video ? Apakah hal tersebut melanggar hak cipta atau tidak ? Menurut berbagai sumber yang saya telusuri menyatakan bahwa Embed Video Youtube Tidak Melanggar Hak Cipta, mengapa ? Youtube memberikan opsi pada penggunanya untuk mengizinkan video-nya di-embed atau tidak. Jika video tersebut tidak diizinkan di-embed, maka video tidak akan muncul ketika di-embed. Embed video juga tidak berpengaruh pada iklan, karena iklan juga tetap tampil dan si pengupload video juga tetap mendapatkan penghasilan dari penontonan video tersebut.

Simpulan dan Saran

Meng-embed video Youtube ke blog kita sih boleh-boleh saja dan tidak akan melanggar hak cipta. Namun adakalanya juga kita waspada, dalam suatu pasal UU tentang hak cipta jika tidak salah juga menyebutkan “Barangsiapa memamerkan barang hasil pelanggaran hak cipta sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 1 …” Jadi, sebaiknya kita tidak sembarangan embed video. Admin memberikan beberapa tips supaya aman untuk embed video :
  • Jika memang itu bukan video yang kamu buat, jangan klaim video tersebut kalau itu buatanmu.
  • Jangan embed video pelanggaran hak cipta.
  • Jika ingin embed video klip, pastikan channel yang mengupload video resmi dari pihak rekaman.
  • Jangan embed video bermuatan negatif.
Sekian yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat.
Tag : Blogger
Back To Top