Pemanfaatan Medan Magnet pada Migrasi Hewan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Medan Magnet

Kalian sudah tahu dong apa itu magnet ? Itu loh semacam benda yang bisa menarik besi. Magnet umum dijumpai pada penghias kulkas, selain itu, magnet juga terdapat pada sebuah “speaker” atau yang biasa disebut “salon”. Namun yang kita bahas di sini adalah medan magnet-nya. Apa itu medan magnet ? “Medan magnet, dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya” – Wikipedia. Lalu apa hubungannya dengan migrasi ? Simak penjelasannya.

Hubungan Medan Magnet dengan Makhluk Hidup

Asal kalian tahu, ternyata Kehidupan makhluk di bumi ini dipengaruhi oleh yang namanya medan magnet bumi. Dan ternyata Hewan mampu mendeteksi adanya medan magnet bumi karena di dalam tubuh hewan tersebut terdapat magnet alami. Fenomena tersebut dinamakan Biomagnetik. Oleh karena itu Medan magnet bumi juga dapat membantu hewan dalam menentukan arah migrasi hewan tersebut.

Hewan yang memanfaatkan medan magnet 

sumber : pixabay.com
Burung Merpati
Burung Merpati bisa mendeteksi medan magnet, itulah yang menyebabkan apabila merpati telah pergi jauh namun akhirnya bisa pergi kembali ke tempat yang sama. Inilah mengapa burung merpati di zaman dahulu dimanfaatkan sebagai pengirim surat. Dan Faktanya, apabila kepala burung merpati ditempelkan sebuah magnet ( misalnya magnet U ) maka ia akan kehilangan ingatannya.

Ikan Salmon


Ikan Salmon terkenal dengan ikan yang mampu bermigrasi sangat jauh untuk berkembang biak dan mampu kembali lagi ke tempat asalnya. Hal itu dikarenakan daerah yang dilewati atau daerah asalnya memiliki medan magnet tersendiri yang dapat dideteksi oleh ikan Salmon.

Penyu

Berbeda dengan kebanyakan makhluk hidup apabila bermigrasi secara berjamaah, penyu kebanyakan bermigrasi sendiri-sendiri. Penyu juga mampu mendeteksi medan magnet dan memanfaatkannya untuk migrasi. Pergerakan penyu dalam mengikuti jalur medan magnet bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.

Bakteri Magnetotactic 
Selain makhluk hidup bersel banyak. Ternyata ada juga bakteri yang mampu memanfaatkan medan magnet. Bakteri Magnetotactic bacteria (MTB) terdapat organel ( komponen ) khusus yang disebut dengan magnetosome. Magnetotactic bacteria adalah kelompok bakteri yang mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan menggunakan medan magnet. Beberapa jenis bakteri Magnetotactic bacteria memiliki flagela sebagai pendorong.
Lobster Duri
 
Lobster duri akan menyesuaikan diri untuk tetap bergerak menuju ke arah kutub utara. Hasil tersebut membuktikan bahwa lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi menuju lautan yang shunya lebih tinggi dan tenang di setiap akhir musim gugur.

Ikan Paus

Apabila makhluk kecil seperti bakteri bisa, maka paus yang bertubuh besar juga bisa dong !.. Namun sayangnya migrasi sonar yang mengakibatkan navigasi paus menjadi kacau. Sayangnya, ketika paus terdampar dan berhasil kembali ke laut, paus tersebut akan kembali lagi ke pantai.

Sumber :
  • Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2015
  • Catatan Sekolah
Back To Top