Fungsi Sosial Teks Diskusi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


sumber : pixabay.com

Pembuka

Teks Diskusi merupakan salah satu jenis teks yang memiliki argumen dalam strukturnya. Dalam teks ini terdapat dua jenis argumen yaitu mendukung dan menentang sebagai isinya, selain itu juga terdapat isu sebagai pembukanya dan simpulan sebagai bagian penutup teks diskusi tersebut. Dalam kurikulum 2013 teks diskusi mulai diajarkan pada jenjang sekolah SMP pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Seperti halnya teks lainnya teks diskusi memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya fungsi sosial.

Isi

Fungsi Sosial Teks Diskusi

Isu

Pada bagian isu, penulis teks akan memperkenalkan isu atau masalah yang akan dibahas. Isu atau masalah di dalam teks diskusi, berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika ingin menulis sebuah teks diskusi alangkah baiknya menggunakan topik yang kontroversial sehingga nantinya akan memiliki banyak argumen atau pendapat, baik argumen ( pendapat ) mendukung maupun argumen ( pendapat ) menentang.

Argumen Mendukung

Pendapat ( argumen ) yang mendukung atau supporting points berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas atau yang telah disampaikan. Pada bagian Argumen mendukung biasanya didukung dengan fakta yang berhubungan dengan isu,data yang berhubungan dengan isu, pengalaman penulis serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas.

Argumen Menentang

Pendapat ( argumen ) yang menentang atau titik pengontrasan ( contrasing point ) berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung. Pada bagian argumen menentang, penulis memaparkan atau menjabarkan argumen ( pendapat ) yang menentang. Argumen itu juga didukung dengan fakta yang berhubungan dengan isu,data yang berhubungan dengan isu,pengalaman penulis yang berhubungan dengan isu serta referensi yang berhubungan dengan isu yang dibahas.

Simpulan

Pada bagian simpulan atau konklusi ( conclusion ) penulis menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis tentang isu yang dibahas. Pada bagian itu, alangkah baiknya kamu mengambil jalan tengah tentang apa yang dibahas agar simpulan yang kamu ambil tidak lagi menimbulkan masalah baru.
sumber : Catatan Sekolah


Back To Top