Cara Mengganti Kata Secara Massal di Word dan Libre Office

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

[caption id="attachment_1868" align="aligncenter" width="150"]sumber : commons.wikimedia.org sumber : commons.wikimedia.org[/caption]

Pembuka


Seiring perkembangan teknologi, bukan hanya cara komunikasi orang saja yang semakin berkembang. Namun sekarang, jenis tugas sekolah pun juga semakin berkembang seiring perkembangan zaman. Mengingat dahulu untuk mencari biografi lengkap suatu tokoh pahlawan misalnya, kita harus ke perpustakaan untuk mencari banyak buku sebagai referensi. Namun sekarang berbeda, kita hanya tinggal buka search engine dan ketikkan nama pahlawan tersebut, maka kita akan menemukan banyak artikel referensi. Benar bukan ?


Namun sayangnya ada juga guru yang mengharuskan siswanya untuk menulis sendiri dan tidak boleh asal copy paste dari sumber tersebut. Rasanya kalau kita menulis sendiri tentunya akan menghabiskan banyak waktu, apalagi jika artikel yang kita ambil berasal dari Wikipedia yang terkenal panjang-panjang dan ( hampir ) lengkap. Mengingat tugas sekolah itu ada banyak macam maka sebaiknya kita mencari jalan yang efektif.


Bagi sebagian Blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan artikel spinner atau rewriter yang bisa mengubah kata bahkan kalimat dalam suatu artikel supaya berkesan unik. Namun bagi orang awam yang gak mau ribet bayar ini itu dan sudah mempunyai Aplikasi di komputer yang bisa digunakan untuk menulis [ Paling tidak Notepad atau Gedit ] kita bisa melakukan rewrite kata secara massal dengan cepat. Bagi yang mau tau caranya, simak langkah-langkah nya berikut ini :



Isi


Langkah-Langkah



  1. Buka Program yang akan digunakan, bisa Microsoft Word, Libre Office bahkan notepad.

  2. Lalu pencet / tekan tombol CTRL + H di keyboar anda ( atau jika seperti itu tidak didukung bisa membuka Edit -> Search and Replace )

  3. Masukkan kata yang akan diganti dan kata penggantinya

  4. Kata yang dimaksud sekarang telah terganti


Catatan :



  • Banyak aplikasi yang mendukung fitur tersebut, namun ada juga aplikasi atau program yang tidak bisa melakukan fitur tersebut. Namun menurut saya sebagian besar bisa melakukannya.


Penutup


Mudah bukan melakukannya ? Admin sengaja tidak menyertakan screenshot supaya kalian langsung mencobanya dan bisa lebih berkreasi. Jika ada kesulitan, kritik atau saran bisa lampirkan di komentar.
Back To Top