Tips Nge-BLOG Hemat Kuota

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Setelah sekian lama admin tidak nge post berbagai hal tentang dunia blogging, kini saatnya admin bangkit kembali. Kali ini admin akan menggunakan gaya bahasa yang santai aja karena materi yang dimuat juga santai. Biasanya nih banyak admin temukan para Blogger yang menggunakan paket internet berbasis kuota untuk Blogging karena harganya terbilang murah dan fleksibel. Salah satu cirinya adalah mereka ngepost banyak sekali artikel, namun hanya saat mereka memiliki kuota dan apabila mereka kehabisan kuota maka mereka ( termasuk admin ) akan benar-benar lenyap dari dunia maya :( dan akan bangkit lagi bila ada kuota. Jangka waktu off bisa sangat lama ( kadang nunggu dibeliin babe kadang juga nabung :) ).. Hal itu dikarenakan manajemen mereka yang salah. Berikut admin akan berikan tips Nge-Blog hemat kuota :

Tulis Artikel di Ms. Word atau Notepad Terlebih Dahulu

Jika kalian adalah seorang penulis artikel sejati ( bukan tukang copas ) pasti tidak asing lagi dengan fitur autosave di Blogger, tentunya fitur tersebut memakan kuota karena autosave akan disimpan di cloud drive platform tersebut, maka semakin lama mengetik maka semakin sering fitur autosave beraksi dan semakin banyak kuota anda tersedot. Maka tips hemat pertama adalah Tulis Artikel di Ms. Word atau Notepad Terlebih Dahulu daripada langsung dari panel post. Kalau perlu, tulis beberapa artikel dahulu di MS. Word atau Notepad. Hal ini tentunya bukan masalah berat bagi anda yang suka menulis karya sendiri.

Gambar diambil dari Jepretan Sendiri

Dengan mengambil gambar ilustrasi, pendukung atau sebagainya dengan jepretan sendiri, maka bisa menghemat kuota anda sangat banyak. Kenapa ? Coba kita hitung, Pertama kita mencari gambar dahulu di Internet ( memakan kuota ) ; Kedua, kita mendownload gambar tersebut ( memakan kuota ) ; Ketiga, kita upload gambar tersebut ( memakan kuota ) nah lo¦ memakan kuota banyak kan, beda lagi kalau jepret sendiri, tinggal "cekrek" lalu upload. Namun hal ini juga sulit dilakukan karena tidak semua gambar ilustrasi pos ada di sekitar kita. Misalnya apabila kita membuat pos tentang "Pengertian Nuklir", apakah kita akan pergi jauh-jauh untuk mencari nuklir lalu memfotonya ? Kalau bisa mengapa tidak ? Namun kita bisa mengakalinya.. Cara pertama, kita bisa menggambar atom penyusun nuklir atau menggambar nuklir tersebut… Bagaimana ? Ajib kan ?

Jangan Gunakan Kuota Untuk Hal yang Merugikan

Jika kalian memang niat untuk blogging, pasti bisa menahan membuka hal-hal yang tidak perlu bahkan merugikan diri sendiri. Kok ada yang merugikan sih ? Ada, Mendownload atau bahkan streaming video porno merupakan hal yang merugikan diri sendiri namun banyak orang yang melakukannya dan mungkin juga anda 😀

Jika Upload Gambar, Perkecil Ukuran Gambar Secara Optimal

Adanya gambar di suatu post juga bisa meningkatkan skor SEO blog kita. Namun apakah perlu kita menyisipkan gambar beresolusi 14 MP di sebuah pos ? Jika memang tidak, maka perkecilah resolusi atau ukuran gambar seperlunya dan secukupnya. Ingat, jangan sampai gambarnya pecah-pecah, secukupnya saja
Tag : Blogger
Back To Top