Sifat Sifat Air

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com
Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan. Hampir atau bahkan setiap hari manusia selalu berinteraksi dengan yang namanya air, baik untuk minum, mandi, dan ber wudhu. Bahkan salah satu komponen penyusun manusia adalah air. Tanpa adanya air ( terutama air bersih ) kehidupan makhluk hidup ( mungkin ) akan berakhir karena mati kehausan :v hehehe… oleh karena itu, untuk melestarikan atau lebih tepatnya menjaga keberadaan air bersih, maka pahamilah sifat sifat air seperti yang akan admin uraikan berikut ini : Sifat-Sifat Air Adalah :
1. Mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.
2. Permukaan air selalu datar ( mendatar ) dan bentuk air menyesuaikan dengan bentuk wadahnya.
3. Air menekan ke segala arah.
4. Air mempunyai sifat kapilaritas, menurut KBBI kapilaritas adalah : “ka·pi·la·ri·tas = peristiwa naik atau turunnya zat cair pd bahan yg terdiri atas beberapa pembuluh halus akibat gaya adhesi atau kohesi, misalnya naiknya minyak pada sumur” jadi secara sederhana air meresap melalui celah-celah.
5. Volume, isi dan massa zat cair tetap, meskipun wadahnya / bentuknya berubah-ubah.
6. Air dapat berubah wujud bila diberi reaksi yang berhubungan dengan suhu. Jika dipanaskan pada suhu didih zat cair tersebut, maka zat cair tersebut akan menguap ( berubah menjadi gas ). Apabila didinginkan pada suhu beku, air akan membeku ( berubah menjadi padat ). Gimana ? Udah paham belum sifat-sifat air ( lebih tepatnya sih zat cair ).
Sekian artikel singkat dari admin, semoga membantu dan bermanfaat. Artikel diolah dari : 1. KBBI 2. RPAL Penerbit CV. Bringin 55 Solo.
Back To Top