Inilah Beberapa Alasan Mengapa Jangan Membelikan Smartphone Untuk Anak Kecil

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dewasa ini, penggunaan smartphone kian marak. Dulu penggunanya hanya orang-orang "kaya" saja yang mempunyai smartphone canggih ( meskipun tidak secanggih sekarang ini ), namun sekarang bisa kita lihat hampir semua orang di dunia memiliki smartphone bahkan anak-anak kecil yang mungkin belum bahkan tidak "membutuhkan" smartphone pun sudah memiliki smartphone. Namun ternyata smartphone memiliki banyak dampak buruk terutama kepada anak kecil. Berikut akan admin jelaskan alasan-alasannya ( berdasarkan opini ) :
    commons.wikimedia.org
  • 1. Dapat Membuat Anak Kecanduan
Bukan hanya anak kecil, remaja bahkan orang tua pun juga kerap kali kecanduan smartphone. Tentunya yang namanya "kecanduan" memiliki konotasi yang buruk, terutama pada kecanduan smaartphone. Bahaya-nya adalah apabila anak kecanduan smartphone maka mereka cenderung tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar karena sudah terlalu lama asik bermain sendiri
  • 2. Mengganggu Kesehatan Mata Anak
Sekarang bisa kita lihat bahwa anak-anak berkacamata sudah menjadi pemandangan yang lumrah. Bahkan apabila apabila dulu anak berkacamata di kelasnya hanya berjumlah 1 atau 2 orang saja, akan tetapi sekarang bisa meningkat 8 - 10 orang tiap kelas. Peningkatan yang signifikan bukan ? Tak lain tak bukan mereka adalah korban dari teknologi, salah satunya adalah smartphone ( seperti saya ini :( ). Anak kecil cenderung apabila menggunakan smartphone tidak memperhatikan jarak yang baik atau semacamnya, mereka cenderung terlalu dekat dengan mata karena sifat penasaran mereka, dan itulah penyebab kebanyakan anak memiliki mata minus.
  • 3. Akan Menjadi Siswa yang "Lemah" Nantinya.

Seperti yang saya tuliskan tadi "...apabila anak kecanduan smartphone maka mereka cenderung tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar karena sudah terlalu lama asik sendiri bermain games di smartphone." Anak yang kecanduan smartphone cenderung mereka kurang memiliki aktivitas bermain di luar bersama temannya atau bersama alam. Anak yang kecanduan smartphone cenderung mereka hanya akan berinteraksi dengan smartphonenya di dalam rumah bahkan kamar. Apa yang terjadi ? Anak tersebut akan menjadi anak yang lemah dan akhirnya akan dijadikan "bahan gurauan" oleh teman-temannya.
  • 4. Kemampuan Bersosialisasi Berkurang
Seperti yang saya tuliskan tadi "...apabila anak kecanduan smartphone maka mereka cenderung tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar karena sudah terlalu lama asik sendiri bermain games di smartphone." Anak akan kurang memiliki kemampuan bersosialisasi karena terlalu lama asik sendiri..

Itulah dampak-dampak apabila anak kecil sudah diberikan smartphone, meskipun demikian dibalik kekurangan pasti menyimpan kelebihan tersendiri yang akan saya bahas di post yang lain karena nanti apabila dibahas di post ini maka tidak konsisten dengan judulnya :) Bagaimana ? Masih mau memberikan smartphone kepada anak anda ? semua terserah anda.
Back To Top