Cara Mengatasi Virus Pasang Aplikasi Sendiri di Android

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : en.wikipedia.org
Pada zaman dulu ( 2012 ) apabila ada orang bertanya “Apakah Android bisa terkena virus ?” Jawaban sebagian besar orang adalah “TIDAK”.. memang pada zaman dahulu masih jarang atau para pembuat virus masih belum canggih dalam membuat virus tersebut dan juga karena faktor Android bukanlah suatu sistem yang lemah, karena Android adalah naungan dari perusahaan Google. Namun kenyataannya berbanding terbalik dengan sekarang. Android justru mudah terkena virus, dan parahnya sekarang virus di Android juga sudah berbagai macam variasinya. Namun virus Android yang paling banyak menyerang adalah berjenis “Adware”.

Banyak sekali developer Aplikasi yang “memaksa” pengguna Android untuk menginstal aplikasinya, sampai terkadang menyamar menjadi file lain. Contoh kasusnya adalah saat kita akan mendownload file bernama “Aplikasi.apk” di sebuah situs tertentu ( bukan situs official ) dan karena memang situs tersebut banyak iklan, maka terkadang ada juga iklan yang “menyisip” di download kita dan mungkin berganti nama menjadi “download Aplikasi.apk” akhirnya apabila terdownload dan terinstal maka aplikasi tersebut mungkin akan menunjukkan jati dirinya atau akan menyamar dalam file sistem dan mendownload semua aplikasi iklan tanpa izin -_- menyebalkan bukan ? Seperti pada handphone teman saya sudah terlanjur banyak aplikasi iklan dan virus yang terinstal, jadi apabila satu aplikasi dihapus maka dalam waktu singkat akan kembali lagi dan apabila salah satu gembong aplikasi dihapus maka setting akan keluar sendiri supaya tidak bisa hapus aplikasi gembong lainnya. Merepotkan bukan ?

Menurut saya mungkin ada 3 cara mengatasinya. Yang akan saya urutkan dari risiko nya.. simak baik baik :

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yaitu dengan menggunakan aplikasi di PlayStore, cukup dengan cari aplikasi berjudul “Uninstaller” entah dari developer manapun yang penting fungsinya adalah untuk meng uninstall aplikasi, hal ini risikonya rendah karena kita hanya menginstal aplikasi. Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, anda bisa menghapus aplikasi aplikasi virus dan aplikasi aplikasi yang tidak digunakan tersebut, namun cara ini mungkin hanya bisa mengatasi virus ringan saja. Mungkin untuk aplikasi yang tidak bisa dihapus bisa dicari di Pengaturan->Pengamanan->Administrator Perangkat lalu deactivate semua.

Cara kedua
adalah dengan menggunakan/memanfaatkan root. Cara yang pertama adalah root handphone anda terlebih dahulu, lalu install aplikasi “link2sd” alangkah baiknya bila anda sudi membeli “link2sd plus” namun aplikasi gratis saja “mungkin” sudah cukup. Setelah menginstall aplikasi “link2sd” anda bisa lebih leluasa menghapus segala aplikasi virus dan sampah yang ada di handphone anda karena dengan “kekuasaan” root anda bisa menghapus aplikasi sampah yang berpura-pura menjadi aplikasi sistem.

Cara ketiga
adalah dengan flashing Handphone anda. Dengan flashing hp anda maka semua yang ada di handphone anda akan kembali seperti semula, bukan hanya setting. Namun “hampir” semuanya akan kembali seperti handphone baru.
Tag : Android
Back To Top