Cara BlogWalking Komentar yang Baik Agar Menambah SEO dan Visitor

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber : pixabay.com
 
Blogwalking atau biasa disingkat menjadi BW adalah salah satu langkah SEO Off Page yang bisa menambah visitor dan menambah SEO suatu Blog. Apakah anda belum tahu apa itu Blogwalking ? Apa itu Blogwalking ? Blogwalking adalah suatu simbiosis mutualisme antara para Blogger yaitu dengan saling berkomentar di kedua blog tersebut. Misalnya adalah misalnya anda dan saya punya sebuah blog dan anda berkomentar di blog saya dan saya berkomentar di blog anda, itulah yang dinamakan BW. Cara ini cukup efektif untuk blog yang masih mempunyai sedikit visitor untuk menIngkatkan visitor nya perlahan demi perlahan, yaitu apabila blog punya banyak pengunjung maka akan menambah nilai pada Google sehingga menambahkan potensi supaya bisa diindeks di halaman depan atau dikenal sebagai Page One. BlogWalking berbeda dengan intip link, apa bedanya ? Bagaimana cara Blogwalking yang baik dan benar ? Simak penjelasannya.

1. Gunakan Name/Url di Komentar Blogger


Platform Blogger dalam kolom komentarnya menyediakan berbagai pilihan untuk berkomentar sebagai akun tertentu bisa akun google, wordpress, open ID, anonymous dan Name/Url. Saya menyarankan pilihan name/url karena dengan pilihan tersebut kita bisa menanamkan link kita ke dalam blog tersebut. Pilihan lain bagi pengguna wordpress ( non self host ) adalah dengan menggunakan sebagai Akun WordPress. Sayangnya di beberapa blog, pilihan untuk berkomentar di pilihan name/Url terkadang ditiadakan.

2. Berkomentar di Blog WordPress
Blog berplatform WordPress tentunya berbeda dengan blog berplatform Blogger, salah satu yang menonjol adalah bagian komentar. Pasti sudah banyak yang bisa membedakan mana kolom komentar Blogger dan mana kolom komentar WordPress. Kolom komentar wordpress secara defaultnya terdapat kolom untuk “situs” kita bisa menuliskan url kita di situ. Maka dengan seperti itu, kita juga sama saja sudah menanamkan link ke Blog WordPress tersebut.

3. Berkomentar yang relevan dengan Artikel


Apa jadinya apabila sebuah artikel “Cara Membuat Blog” dengan komentar “Wah menarik gan..!! Izin sedot ya” tidak nyambung bukan ? Akan terlihat aneh oleh siapapun. Bukan tidak mungkin komentar anda akan dihapus dan “usaha tanam link” di blog tersebut-pun kandas. Jika kalian bisa menghargai, bacalah dulu artikel tersebut, paling tidak ya membaca scanning. Dengan demikian kita tahu apa yang sedang dibahas. Lalu berkomentar-lah paling tidak 2 kalimat atau 10 kata saja mungkin sudah menghargai daripada hanya komentar singkat yang “nice info.” “thx gan” “keren nih”..

4. Jangan masukkan ( banyak ) link di dalam komentar


Menyampah link di kolom komentar merupakan perilaku tidak terpuji bagi seorang Blogger, meskipun blog itu sengaja “dofollow” namun jangan sembarangan menyertakan puluhan link di kolom komentar karena bisa dianggap spam oleh Google dan nantinya anda sendiri yang rugi. Andaikata blog tersebut tidak menyertakan kolom untuk link, ada cara cerdas untuk menyertakan link dalam komentar, misalnya :

” …. sangat penting sekali bagi penulis buku komersial seperti saya. Semoga bisa bermanfaat bagi yang lain. Admin http://www.bimagz.com “


Atau apabila memang dilarang menyertakan link ya tidak usah menyertakan link !!

5. Patuhilah Peraturan yang Berlaku


Jangan sampai “menyinggung” atau mencemarkan SARA. Sebisa mungkin hindari komentar yang menimbulkan perdebatan, kericuhan, dan jangan mengumpat. Sebisa mungkin jangan sampai melukai perasaan perorangan / orang lain.

6. Ajak Blogger Lain Blogwalking Melalui Facebook

Cara ini adalah cara untuk mendapatkan partner Blogwalking paling efektif. Salah satu cara “terbaik” yang pernah dilakukan oleh para Blogger adalah mengajak Blogwalking di komunitas Blogger. Kenapa bagian ini saya letakkan di bawah ? Karena supaya anda ( para pembaca ) bisa membaca dulu aturannya baru bisa melaksanakannya.

Sekian kiat-kiat atau langkah langkah cara Blogwalking komentar agar bisa menambah nilai SEO dan menambah visitor. Semoga tips tips ini bisa membuat blog anda memiliki lebih banyak visitor.
Tag : Blogger
Back To Top