Awas Jangan Menggunakan Artikel Spinner "Article Spinner" Bro !!!

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

pixabay.com
Artikel Spinner adalah sebuah software atau dalam bentuk lain yang digunakan sebagai “pengubah kata” dalam artikel. Artikel Spinner atau yang lebih dikenal dengan Article Spinner banyak dipakai oleh “oknum” yang tidak bertanggungjawab untuk menduplikat sebuah artikel milik orang lain. 

Contoh kasusnya adalah sebuah blog A mempunyai sebuah artikel yang cuplikan isinya adalah sebagai berikut :

” ….karena Ahmad tidak menemukan sarung di masjid itu, maka Ahmad menggunakan kain batik nya untuk salat. Namun ia malah ditertawakan oleh anak-anaknya, akibatnya salatnya pun tidak khusuk…”

Lalu pemilik blog B menyalin artikel tersebut ke Article Spinner dan hasilnya adalah sebagai berikut : 

“…karena Ahmad tidak menemukan sarung di masjid itu, maka Ahmad mengenakan kain bermotif batik untuk beribadah. Meskipun begitu ia malah diketawai oleh putra-putranya, akibatnya salatnya pun tidak Khusyuk…”

Setelah artikel tersebut di “Spin”dengan mudahnya, lalu pemilik blog B menerbitkan hasil Article Spinner tersebut ke dalam blognya. Akhirnya pemilik blog B mendapatkan sebuah artikel dengan mudahnya Tanpa Berpikir dan Tanpa Usaha. Memang hal ini apabila kita “ketahui” adalah bagian dari plagiarisme konten, namun apabila hanya dilihat sekilas saja, mungkin kita tidak tahu apakah artikel tersebut hasil “kecurangan” tersebut atau tidak. Bahkan terkadang mungkin beberapa pengecek plagiarisme konten digital pun tidak mengetahuinya karena saking banyaknya kata yang sudah berubah. Tapi tenang saja, Allah Maha Adil kita akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan apa yang kita lakukan. Kita yang sudah menulis artikel susah-susah pasti akan dapat hasilnya juga. Mereka yang tinggal “mencuri” artikel orang lain, tentunya hasilnya akan jauh dari apa yang mereka harapkan.  

Lalu bagaimana cara mengetahui artikel kita di-“Spin” atau tidak ? Cara yang paling sederhana adalah dengan mengecek artikel kita di Search Engine secara berkala.. Kita tinggal memasukkan judul artikel ke Search Engine dan lihat hasil telusurnya. Apabila terdapat sebuah artikel yang mirip ( hampir persis ) atau “alurnya” persis dengan artikel anda, maka bisa kemungkinan artikel tersebut hasil Spin ( mungkin ada juga kesamaan ide, namun hasil spin tidak akan “seunik” ide manusia ).

Maka dari itu, kita wajib senantiasa Berdoa dan berhati-hati serta melakukan tindakan supaya pencurian-pencurian artikel secara sadis tersebut tidak menimpa kita…


Tag : Blogger
Back To Top