Tips Agar Terhindar dari Penggunaan Tutur Kata yang Buruk

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Bertutur kata yang baik adalah bertutur kata yang sopan, menghargai dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Dengan bertutur kata yang baik, maka orang orang disekitar kita tidak akan sakit hati, tersinggung dan marah terhadap kita. Pernahkan kalian mendengar suatu petikan kata "Mulutmu Harimaumu" ? Jelasnya apabila kita menggunakan tutur kata yang kurang baik bahkan sampai membuat orang lain marah, maka akan mencelakai kita sendiri. Apalagi apabila orang tersebut sulit melupakan kesalahan kita karena perkataan kita yang membekas di hatinya, tentunya sikap orang tersebut akan berbeda pada kita, maka kita sendiri yang akan rugi. Berikut cara agar kita bisa terhindar dari penggunaan tutur kata yang buruk, simak penjelasannya =

1. Berpikir sebelum berkata atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain. ( Dipikir dulu apa yang akan disampaikan, jangan asal ceplas ceplos ).
2. Berbicara seperlunya tanpa wajib memperbanyak pembicaraan yang tidak bermanfaat ( basa basi yang tidak bermutu ).
3. Pikirkan akibat yang timbul dari kata kata yang kita akan sampaikan ( dipikir dulu saat mau berkata, nanti yang bersangkutan tersinggung atau tidak, berbahaya bagi kita atau tidak ).
4. Sampaikan dengan maksud yang jelas, halus dan tidak berbelit belit ( Jika berbicara jangan bertele tele agar si pendengar tidak jenuh untuk mendengarkan ).
5. Tidak mengeraskan dan meninggikan suara ketika berbicara ( jangan suka membentak bentak saat bicara ).
6. Tunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada lawan bicara ( hormati lawan bicara gan bila ingin dihormati juga ).
7. Berusaha membalas perkataan buruk dengan perkataan yang baik dan halus ( yang terakhir ini sangat sulit untuk dilakukan, namun betapa hebatnya anda apabila bisa melakukannya ).

Sekian yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat..

Referensi : Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Mendikbud 2015 Kurikulum 2013 SMP / MTs Kelas IX
Back To Top