Penjelasan Struktur Teks Tanggapan Kritis

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



sumber : pixabay.com
Teks Tanggapan Kritis merupakan salah satu materi Bahasa Indonesia kelas IX kurikulum 2013. Teks tersebut mirip dengan teks diskusi yang membedakan adalah struktur dan unsur kebahasaan namun bila dibaca sekali pada kedua teks tersebut mungkin akan sulit membedakannya. Untuk menambah pemahaman tentang teks tanggapan kritis, simak baik-baik penjelasan berikut :
  • Teks Tanggapan Kritis memiliki 3 ( tiga ) bagian struktur yaitu Evaluasi, Deskripsi Teks dan Penegasan Ulang.
  • Bagian Evaluasi merupakan bagian pertama dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Bagian evaluasi ini maksudnya sama dengan pernyataan umum dalam teks eksposisi.
  • Bagian Deskripsi Teks merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Deskripsi Teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
  • Bagian Penegasan Ulang merupakan bagian ketiga teks atau lebih jelasnya adalah bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.
Begitulah penjelasan yang sangat singkat dan sederhana tentang struktur Teks Tanggapan Kritis. Semoga bisa memperkaya pengetahuan mengenai berbagai macam jenis teks dalam bahasa Indonesia.
Referensi : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP / Mts Kelas IX Kurikulum 2013 Tahun 2015

Back To Top