Cara Menyembunyikan Versi WordPress

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

sumber ; wikimedia
Seiring berkembangnya zaman, orang-orang tentunya akan makin canggih, terutama hacker yang sekarang bisa membobol apapun di Internet tak terkecuali WordPress. Memang wajib diakui, keamanan sebagian besar blog wordpress ( terutama yang diurus kurang professional ) memiliki keamanan yang kurang memadai. Mungkin sebenarnya malah lebih aman Blogger daripada WordPress ( tergantung bagaimana admin mengurusnya ), namun tiada salahnya kita terus meningkatkan keamanan website supaya tidak mudah disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Biasanya hacker yang masih amatiran, langkah pertama untuk meretas sebuah website adalah mencari tahu versi dari wordpress yang digunakan, maka dari itu kita. Langkah awal dari perlindungan website kita adalah menyembunyikan versi wordpress kita, berikut langkah-langkahnya :
  1. Buka functions.php melalui cpanel ( file manager -> dan seterusnya ) atau dashboard ( appearance -> editor -> functions.php ) wordpress anda.
  2. tambahkan kode
remove_action('wp_head', 'wp_generator');
tepat di bawah <?php yang berada pada posisi atau line paling atas.. ( ataulebih singkatnya letakkan di line kedua dan line kedua sebelumnya dipindahkan ke line ketiga ).
Maka jadinya kurang lebih adalah menjadi seperti berikut :
<?php
remove_action('wp_head', 'wp_generator');
//////beberapa tema mungkin berbeda////
  1. Jika anda ingin menggunakan kode yang agak panjang, bisa gunakan kode berikut ( penggunaanya sama seperti di atas ) :
function no_generator() { return ''; }
add_filter( 'the_generator', 'no_generator' );
  1. Hapus file readme.html melalui cpanel, cukup masuk file managaer lalu search "readme.html" tanpa tanda kutip.
Sekian post singkat mengenai keamanan wordpress ini, semoga bermanfaat…
Tag : Blogger
Back To Top