Pembelahan Sel pada Makhluk Hidup

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sebelum masuk pada pembelahan sel, admin jelaskan dulu hierarki kehidupan dari sel sampai organisme, secara sederhana yaitu adalah sebagai berikut :
Sel - Jaringan - Organ - Sistem Organ - Organisme
sumber : pixabay.com
Dari hierarki dapat disimpulkan bahwa kumpulan dari sel membentuk jaringan, kumpulan dari jaringan membentuk yang namanya organ dan seterusnya. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa secara sederhana susunan terkecil dalam makhluk hidup sesudah atom adalah Sel. Maka apabila makhluk hidup mengalami perkembangan atau pertumbuhan pasti juga diikuti dengan pertumbuhan jumlah sel-sel dalam makhluk tersebut. Dalam peningkatan jumlahnya, sel melakukan aktivitas yang dinamakan pembelahan. Berikut akan admin jelaskan tentang pembelahan pada sel.
Terlebih dahulu, admin jelaskan mengapa sel mengalami pembelahan. Yaitu adalah sebagai berikut :
1. Pertumbuhan
2. Perbaikan
3. Reproduksi
Bagaimana sel bisa melakukan hal-hal tersebut ? Makhluk hidup dapat tumbuh karena adanya pertambahan jumlah sel dengan cara pembelahan. Adanya kerusakan pada tubuh ( luka, memar, dsb ) diakibatkan oleh kerusakan pada jaringan, maka sel mengalami pembelahan untuk memperbaiki jaringan. Pembentukan sel gamet dan sel kelamin juga berasal dari pembelahan sel.
Menurut teori sel yang berbunyi "omnis cellula e cellula" yang artinya Semua sel hidup berasal dari sel sebelumnya. Teori ini dikemukakan oleh Rudolf Virchow.
Pembelahan sel digolongkan menjadi dua jenis, yaitu ;
1. Mitosis
2. Meiosis
Pada pembelahan mitosis :
– terjadi pada sel-sel tubuh ( secara somatik ) makhluk hidup.
– menghasilkan jumlah kromosom yang sama pada anakan sel dan indukan sel.
– Berfungsi sebagai sel-sel yang rusak.
– mengalami satu kali pembelahan.
Pada pembelahan meiosis :
– terjadi di sel-sel kelamin.
– menghasilkan jumlah kromosom separuh dari indukan sel.
– berfungsi membentuk sel kelamin atau gamet, dan berfungsi untuk mempertahankan jumlah kromosom pada individu tetap 2n.
– terjadi dua kali pembelahan.
Selebihnya untuk pembahasan lebih lanjut dan kompeks mengenai pembelahan sel, terutama mitosis dan meiosis akan admin bahas pada artikel selanjutnya. Artikel ini merupakan hasil olahan dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam Semester 1 untuk kelas IX kurikulum 2013 tahun 2014. Kritik dan saran silahkan lampirkan di kolom komentar.
Back To Top