Review : MxPlayer for Android

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ponsel Cerdas semakin lama fitur dan layarnya pun semakin lebar, bahkan dulu yang rata rata hanya 3,5 inch sekarang bahkan sudah banyak yang berukuran 4,5 inch keatas. Hal tersebut membuat kenyamanan penggemar video atau film yang biasa memutarnya lewat ponsel. Meskipun ponsel pintar sudah dibekali dengan pemutar video bawaan, namun terkadang pemutar video tersebut tidak support semua jenis format video dan biasanya tidak support untuk memutar subtitle. Nah, untuk menghilangkan keterbatasan tersebut maka kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. MxPlayer misalnya..

Pengenalan :


Aplikasi pemutar video tersebut dapat memutar hampir semua jenis format video, salah satunya adalah format .mkv yang biasanya itu adalah format video yang diunggah ke internet. Selain bisa bekerja secara offline, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk streaming video secara online. Saya rasa, MxPlayer ini Support dari GingerBread sampai Android L karena saya sudah mencobanya. Untuk ukuran, terkadang berbeda beda tergantung device nya dan bila diperlukan MxPlayer membutuhkan sebuah Codec yang bisa diunduh di PlayStore agar MxPlayer bisa berjalan. Seperti yang saya bilang tidak semua membutuhkan Codec, misalnya ponsel yang saya gunakan untuk review " Asus Zenfone 5 " tidak membutuhkan Codec untuk menjalankannya.

Fitur :

1. Menampilkan Subtitel


Seperti Gambar yang saya lampirkan di atas, MxPlayer ini mampu menampilkan subtitle dan memilih subtitel yang cocok dan bahkan bisa mencari subtitel secara online. Saya sudah mencobanya dengan memutar berbagai film dan ternyata fitur tersebut memang benar benar bekerja. Jadi bila anda mencari video player yang bisa menampilkan subtitel ini pilihannya.

2. Memutar Berbagai Format Video

Seperti pada bagian pengenalan, MxPlayer ini mampu memutar berbagai jenis format video seperti .mkv .mp4 dan tentunya .3gp selain itu anda bisa mensettingnya supaya bisa memutar musik di ponsel anda.

3. Bisa memutar berbagai resolusi video

Berdasarkan pengalaman, MxPlayer ini bisa memutar berbagai resolusi video mulai dari yang pecah pecah atau resolusi rendah hingga yang sangat bening dan detail atau resolusi tinggi, namun tentunya kelancaran video tersebut juga bergantung pada kemampuan device anda.

4. Bisa memutar dengan fitur H/W decoder dan S/W decoder


Entah itu fungsinya apa, karena saya sendiri juga tidak tahu namun bagi anda yang lebih paham mungkin akan sangat berguna karena saya rasa tidak semua video player di Android punya fitur seperti ini.

Kekurangan Mxplayer ini adalah belum support mode floating, jadi saat kita memutar video maka kita tidak bisa melakukan aktivitas lain kecuali dengan aplikasi pihak ketiga. Kekurangan lain adalah adanya fitur peningkatan cahaya dan volume yang kadang sulit untuk dibedakan cara menggunakannya. Yaitu dengan mengusap layar keatas terkadang menambah volume terkadang menambah kontras

Maka menurut penilaian admin, bisa dibilang video player ini memiliki nilai 91 / 100.

Bila ada pertanyaan atau request review yang lain, silahkan lampirkan di komentar.
Tag : Android
Back To Top