Pengertian Niche Blog Dan Blog Gado Gado

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.
Saat akan membeli sebuah blog atau website, tentunya biasanya si penjual akan menyertakan niche blog, misalnya niche fashion, niche property, niche travel dan sebagainya. Tak jarang pula di sana kita juga menemukan istilah blog gado gado.
Nah pada kesempatan ini, bertepatan dengan pos blog yang ke 100 ^_^ admin akan mengangkat pos yang bertema Blog. Sebenarnya antara niche blog dengan blog gado gado ada hubungannya, nah supaya tidak bingung, pertama admin akan bahas niche blog dulu.
Pengertian dan Ulasan Niche Blog
Niche blog atau yang lebih mudah disebut dengan tema atau sebagian besar isi blog. Misalnya jika kita menjumpai blog dengan sebagian besar isinya tentang tips tips SEO maka niche blog tersebut bisa dikatakan niche SEO. Banyak Blogger yang membuat Blognya berisi artikel atau sesuatu yang berhubungan dengan hobinya atau yang dikuasainya.
Misalnya seorang arsitek membuat blog, maka kemungkinan besar Blognya pun bertema arsitektur. Namun ada juga blog yang tidak memilki bahasan tetap atau memiliki banyak niche, nah itulah blog gado gado. Tapi tunggu sebentar, admin akan bahas lebih lanjut lagi tentang blog gado gado di beberapa paragraf berikutnya.
Blog yang memiliki tema atau niche tertentu biasanya lebih banyak memiliki pengunjung tetap dan mungkin bisa dikatakan juga mungkin lebih banyak pengunjung ketimbang blog tanpa niche atau blog gado gado. Kita ambil contoh yang paling mudah yaitu situs bagas31.com, hampir semua anak muda tau situs ini, tentunya bila anda tahu anda pasti menyimpulkan situs ini adalah portal game dan software lengkap jadi jika anda mencari game, pasti situs pertama yang anda kunjungi adalah situs tersebut, benar bukan ? Contoh lainnya, misalnya ada situs yang membahas motoGP dari jadwal main sampai ulasan motor motornya, maka jika anda sudah mengunjungi situs tersebut dan sudah tahu bahwa situs tersebut membahas motoGP, maka bila anda ingin update jadwal, pasti larinya pertama adalah ke situs tersebut.
Maka blog yang mempunyai niche yang jelas dan tetap biasanya juga memiliki pengunjung yang tetap. Kelemahan blog yang mempunyai bahasan tetap atau niche yang tetap adalah daya tarik yang terbatas. Admin akan berikan contoh mudahnya, misalnya ada blog yang niche nya “batu akik”, nah blog tersebut pastinya sangat menarik bagi penggemar batuan tersebut, namun tidak semua orang suka dengan batu akik, maka pengunjung tetapnya hanyalah orang orang yang suka dengan batuan akik saja, jika beruntung mungkin ada beberapa pengunjung yang “hanya” penasaran dengan batu akik saja dan itu pun mungkin hanya akan mengunjungi satu kali saja.
Pengertian dan Ulasan Blog Gado Gado

Setelah tadi dijelaskan secara singkat blog gado gado adalah blog yang tidak memiliki bahasan yang tetap atau secara singkat, padat, dan jelasnya adalah blog yang campur aduk. Contohnya adalah blog ini, blog ini memiliki banyak bahasan mulai dari ilmu agama sampai ke lirik lagu, nah apa nyambungnya coba?.. “Biasanya” blog gado gado adalah blog amatiran yang dibuat oleh ( sebagian besar ) orang yang masih “menimba ilmu di pendidikan formal”. Tak jarang kita temui, blog gado gado kebanyakan artikel nya hasil copas / mencuri artikel dari blog lain. Biasanya yang suka melakukannya adalah bocah bocah yang belum pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari inspirasi.
Blog gado gado memiliki bahasan yang hampir tidak terbatas sesuai keinginan penulis. Maka ide penulisannya pun hampir tak terbatas sehingga biasanya blog gado gado lebih sering update artikel. Blog sejenis ini biasanya sangat amat memperhatikan SEO ( bagi yang belum tahu apa itu SEO mungkin beberapa waktu lagi akan dibahas di blog ini ) karena blog gado gado cara mendapatkan pengunjung adalah dengan menebar “jaring” sebanyak banyaknya yang disebut dengan artikel ke search engine.
Keuntungannya adalah pengunjung bisa datang dari semua kalangan, baik penyuka motoGP, arsitektur, game dan lain lain. Sehingga semakin banyak artikel, semakin banyak pula visitor menjadi banyak. Hal itu dikarenakan blog gado gado memiliki pelanggan tetap yang cenderung lebih sedikit ketimbang blog ber niche tetap. Misalnya, anda mencari game di blog ini, memang ada tapi karena ini blog gado gado maka gamenya pun tidak lengkap karena banyak tema yang dibahas maka bila anda suatu saat mencari game lain, anda pun langsung mencari situs lain di search engine karena anda tahu karena blog ini tidak lengkap. Nah sekarang sudah tahu belum apa itu niche blog dan blog gado gado ? Kalau belum paham juga, coba cermati lagi deh. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika ada kritik dan saran maupun sanggahan silahkan tulis di kolom komentar
Tag : Blogger
Back To Top