Tembang Dolanan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tembang dolanan merupakan tembang / lelagon yang dinyanyikan oleh anak-anak yang biasanya dilagukan saat bulan purnama sebagai hiburan. Biasanya lelagon tersebut disertai dengan olah bawa ( joget ) sesuai dengan makna tembang tersebut. Berbeda dengan tembang tembang lain, tembang dolanan tidak terikat oleh aturan-aturan tertentu. Tembang dolanan juga bisa dan biasanya disajikan dengan iringan musik gamelan, baik laras slendro maupun pelog sesuai dengan nadanya.
Tembang dolanan sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis yang berbeda, yaitu :
-          Tembang Dolanan Gagrag Lawas
Tembang dolanan gagrag lawas yaitu tembang dolanan yang mungkin tidak jelas nama pengarangnya atau NN, sifatnya klasik, dan makna lagunya sulit untuk ditebak. Biasanya tembang ini diciptakan sudah lama sekali bahkan sebelum tahun 1900-an. Contoh tembang dolanan gagrag lawas  adalah :
-          Gundul Gundul Pacul             - Pendhisil
-          Wajibe Dadi Murid                 - Jaranan
-          Lir-Ilir                                     - Cublak-cublak suweng
-          Aku Duwe Pitik                      - Kuning-kuning
-          Sinten Numpak Sepur
-          Menthog - Menthog
Sebenarnya masih banyak lagi contoh tembang dolanan gagrag lawas yang lain, namun admin hanya menuliskan beberapa saja. Untuk lirik dan balungannya menyusul.
-          Tembang Dolanan Gagrag Anyar
Tembang dolanan gagrag anyar yaitu tembang dolanan yang bersifat kreasi baru, mudah ditebak makna lagunya, dan nama pengarangnya jelas. Jika tembang dolanan gagrag lawas diciptakan sangat lama, maka tembang dolanan gagrag anyar diciptakan belum terlalu lama, misalnya pada tahun setelah 1900 an. Contoh tembang dolanan gagrag anyar adalah :
-          ( Karya Ki Narto Sabdo ) Gugur Gunung, Lumbung Desa, Tahu-tahu Tempe, Jamu Jawa, Gula Klapa.
-          ( Karya Ki Anom Suroto ) Solo Berseri dan Mas Sopir.
-          ( Karya Sarwanto, S. Kar ) Wonogiri Sukses
Sebenarnya masih banyak lagi contoh tembang dolanan , namun admin hanya menuliskan beberapa contoh saja.

Sekian yang amin ketahui tentang tembang dolanan, jika ada kritik saran maupun tambahan silakan tulis di kolom komentar.
Back To Top