Peraturan Pengangkutan Barang Kereta Api

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Tak lama lagi ( saat penulisan post ini ) musim mudik, banyak yang akan bepergian. Salah satu moda transportasi yang banyak digunakan adalah kereta api. Tentunya akan banyak barang bawaan yang dibawa dan banyak pula penumpangnya terutama pada kelas ekonomi, semua penumpang akan berdesak desakan supaya bisa bertemu sanak saudara nan jauh disana. Agar barang bawaan anda tidak ditolak mentah mentah pengangkatannya oleh petugas kereta api, ada baiknya anda baca dulu peraturan pengangkutan barang di Kereta Api yang admin kutip dari Stasiun Solo Balapan. Langsung saja, sebagai berikut :

1. Barang yang boleh dibawa penumpang ke dalam kabin penumpang disebut bagasi tangan.  Berat bagasi tangan maksimal 20kg tiap penumpang Atau ukuran maksimal 100dm^3 tiap penumpang.
2. Barang barang yang melebihi berat dan ukuran tersebut pada butir 1 ( satu ) harus diangkut dengan kereta bagasi yang pengelolaannya dilakukan oleh perusahaan angkutan kiriman hantaran ( seperti pada point 7 ).
3. Khusus sepeda lipat diatur ketentuan sebagai berikut :
a ) sepeda lipat yang beratnya kurang dari 20kg atau dimensi kurang dari 100dm^3 diperbolehkan sebagai bagasi tangan.
b ) Bila bepergian secara berombongan dengan sepeda lipat, agar menyebar ke beberapa kereta / gerbong agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.
c ) kepala stasiun / petugas berhak melarang apabila kondisi tidak memungkinkan dalam membawa sepeda lipat.
4. Penumpang dilarang membawa :
A. Barang yang mudah menyala, meledak, berbau tidak sedap dan Barang yang sifatnya mengganggu/merusak kesehatan.
B. Barang barang yang pengangkatannya dilarang Undang undang yang ditetapkan negara.
C.narkotika, psikotropika dan obat obatan terlarang.
5. Hewan hewan dan sepeda buka lipat/sepeda tak bermesin dilarang dibawa masuk ke kabin penumpang, harus diangkut dengan kereta bagasi yang pengelolaannya dilakukan oleh perusahaan angkutan kiriman hantaran. ( seperti pada point 7 )
6. Guna kenyamanan penumpang pada umumnya, barang barang yang menurut pertimbangan kepala stasiun, karena keberadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan dapat ditolak pengangkutannya.

Sekian, semoga bermanfaat.
Tag : Umum
Back To Top