Penjelasan Singkat Tentang Serealia

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Apa itu serealia ? Serealia  ( menurut buku Prakarya Kelas VIII semester 2 kurikulum 2013 ) adalah tumbuhan jenis rumput-rumputan ( Graminae ). Apa saja serealia itu ? Serealia yang paling sering dijumpai di Indonesia adalah tanaman padi... yang kemudian padi tersebut dimanfaatkan bulirnya untuk dijadikan beras.. Selain padi, ada juga jagung dan gandum. Selain dimanfaatkan bulirnya / bijinya, tanaman serealia juga bisa diolah dari bagian-bagian lainnya. Hal ini dinamakan produk hasil samping.

Nah apa lagi itu ? Produk hasil samping adalah suatu olahan yang bahannya sama dengan produk utama namun bagian yang diolah tidak seperti produk utama. Biasanya, produk utama serealia dijadikan sebagai bahan pangan bagi manusia, bisa sebagai lauk pauk maupun cemilan. Hasil samping dari serealia bisa batangnya, daunnya, maupun akarnya.

Produk hasil samping tersebut biasanya diolah menjadi bahan nonpangan maupun bahan pangan ( hewan dan juga manusia ). Bahan nonpangan misalnya, daun-daun tanaman padi bisa digunakan sebagai bahan pupuk kompos, bonggol jagung juga demikian. Sekam padi bisa digunakan sebagai alas kandang hewan seperti hamster, burung dan lain-lain. Bahan pangan misalnya, daun padi atau gandum bisa digunakan sebagai pakan ternak, dan sebagainya.

Diolah dari :  buku Prakarya Kelas VIII semester 2 kurikulum 2013
Back To Top