Kenapa Setan Dibelenggu tapi Masih Ada Kemaksiatan ? Berikut Penjelasannya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sumber : 7-themes.com
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Banyak orang yang menyibukkan dirinya dengan amal baik daripada amal maksiat, banyak orang seketika menjadi rajin ibadah. Ibadah sunnah pun jadi banyak dilakukan, karena amalan pada bulan Ramadhan dilipat gandakan. Namun, masih banyak juga umat manusia yang berbuat kemaksiatan pada bulan Ramadhan ini, padahal pada bulan Ramadhan, setan dibelenggu, kok bisa ? Berikut penjelasan yang admin dapatkan dari fanspage FB Meme and Rage Muslim Indonesia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”
HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu

Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan, “Hadits di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.” Lanjut Al Qodhi ‘Iyadh, “Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.”
Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 7/188.
-------------------------------------------------------------------------------
Pernyataan tersebut sebenarnya belum menjawab judul dan topik posting ini, Lanjut dengan " Lalu bagaimana, padahal setan di belenggu tapi kok masih ada kemaksiatan ? " dikutip dari fanspage Facebook tersebut " Ketika dalam suatu pengajian yang admin dengar, seorang jama'ah menanyakan hal ini kepada sang Ustad. Beliau menjawab yang intinya jadi janganlah kalian mendekati kemaksiatan, mendekati penjara setan, karena setan masih bisa meraih kita, akhirnya larut dan terjerembab ke jurang dosa. "

Terimakasih sudah membaca, ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.
Sumber : https://m.facebook.com/memeragemuslim/photos/a.557472854396097.1073741825.138137782996275/695390593937655/?type=1&_rdr#695529877257060
Back To Top