Apa itu Limbah ? Apa itu Organik dan Anorganik ? Bagaimana cara Pengolahannya ? Berikut Penjelasannya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Apa itu limbah ? sebenarnya setiap hari kita menjumpai banyak limbah di sekitar kita, limbah sinonimnya adalah sampah. Limbah adalah hasil dari suatu proses atau pembuatan yang sudah tidak digunakan lagi atau lebih mudahnya adalah sampah. Limbah menurut asalnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Apa itu limbah anorganik ? Limbah anorganik adalah limbah yang tidak berasal bukan dari makhluk hidup dan susah membaur atau susah menyatu dengan alam atau lebih mudahnya lagi yaitu sulit diuraikan oleh bakteri, biasanya butuh waktu bertahun-tahun, bahkan styrofoam tidak bisa berbaur secara alami dengan alam ( buku lks prakarya yang pernah saya baca ). Contoh limbah anorganik adalah kaca, beling, plastik dan styrofoam. Sedangkan limbah organik adalah limbah yang berasal dari makhluk hidup dan mudah berbaur dengan alam. Misalnya daun dapat dengan mudah diuraikan oleh bakteri. Contoh limbah organik adalah daun, ranting pohon, kotoran sapi.

Bagaimana cara pengolahannya ? Admin pada postingan ini hanya akan membahas cara mengolah limbah anorganik. yaitu adalah sebagai berikut : 

1. Pembakaran ( incineration )
Pembakaran adalah proses pengolahan sampah dengan cara dibakar dalam sebuah alat yang bernama insinerator. Biasanya alat ini juga digunakan untuk pemusnahan narkoba-narkoba illegal. Hasil dari pembakaran sampah tersebut hanya berupa zat residu dan gas kotor.
2. Sanitary landfill ( Sanitasi )
Sanitary landfill adalah cara untuk mengolah limbah anorganik dengan terkontrol dan sistem sanitasi yang bagus.
3. Penghancuran ( Pulverisation )
Pulverisation adalah metode menghancurkan sampah dengan cara dikumpulkan dalam suatu mobil pengumpul sampah lalu dipotong kecil-kecil oleh alat di dalam mobil tersebut dan diaduk. Biasanya hasilnya digunakan untuk menimbun tanah-tanah yang berposisi rendah,

Cara mengurangi limbah anorganik dan anorganik adalah sebagai berikut :

1. Recycle
Recycle adalah metode mengolah kembali, jadi sampah tidak langsung dibuang namun diolah kembali sehingga mengurangi pembuanagan limbah anorganik,

2. Reuse
Reuse adalah proses pemakaian kembali limbah tanpa harus diolah kembali. Misalnya botol air minum tanpa harus diolah kembali masih bisa digunakan sebagai wadah minum.

3. Reduce
Reduce adalah metode untuk mengurangi penggunaan barang sehingga dapat mengurangi pembuangan limbah, Misalnya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik atau membeli barang jika perlu saja.
Back To Top