Tips Beli Barang Aman di Olx

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Kali ini admin akan share Tips Beli Aman di Olx

Di era modern seperti ini, semua kebutuhan manusia menjadi lebih mudah dengan adanya kemajuan teknologi.. sesuai dengan pengertiannya, teknologi adalah semua alat dan teknik yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.. di bidang perdagangan pun tak luput dari pengaruh teknologi...
namun, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan hal tersebut untuk menipu pelanggan seperti barang yang tidak sama, barang yang tidak dikirim dan lainnya...

Berikut admin akan share tips Beli barang aman di olx :
1. Pastikan harga barang yang dijual tidak terlalu miring..
Harga yang terlalu murah merupakan trik yang digunakan penipu supaya menarik calon korban.. misalnya, sampai tulisan ini ditulis harga Samsung Galaxy S6 berkisar 10jt++ namun bila ada yang menjual seharga 6 / 5 jt bahkan di bawahnya, bisa jadi 80% itu sebuah penipuan..

2. Pastikan gambar yang dipajang di olx tersebut bukan gambar comotan dari google..
Misalnya ada yang menjual Asus Zenfone 5 dengan harga normal ( sampai tulisan ini ditulis yaitu 1.800.000 ) lalu gambar tersebut merupakan gambar ambil dari google.. maka 60% itu juga merupakan modus penipuan..
Lha terus gimana cara mengeceknya ?? Gampang sob, tinggal save gambar yang dipajang lalu search di google, bila ada kembarannya( biasanya dari situs luar negeri ) berarti itu gambar comotan dari google..

3. Pastikan si penjual tidak menggunakan banyak akun dengan menjual produk sama..
Ini modus paling gampang dikenali sob, pasti orangnya ini pernah menipu jadi buat akun lain buat nipu lagi.. misal dengan kata kunci "Nokia XL" maka bila ada beberapa hasil ( deskripsi, gambar dan harga ) yang sama persis dengan akun berbeda-beda, maka 60% adalah modus penipuan..

4. Pastikan dalam satu akun tidak menjual barang di kota yang berbeda beda.. atau barang dengan harga, deskripsi, dan gambar yang sama persis ada di kota yang berbeda-beda..
Ini juga modus penipuan sob, kalo ditanya alasannya karena jualan online tapi ya mencurigakan sob.. kemungkinan penipuan 40%

5. Pastikan penjual mau diajak COD ( cash on delivery )
Kalau ada penjual gak mau diajak CoD kemungkinan penipuannya 70% sob

6. Pastikan jika penjual menjual barangnya saat di olx lokasinya di kota A saat ditanya si penjual juga menjual di kota A..
Bingung sob ?? Maksudnya gini.. misal ada yang menjual Samsung Smart Tv di olx, saat dipajang ditulis lokasi di Yogyakarta, lah saat ditanya atau diajak COD atau ditanya toko/rumahnya jawabnya Surabaya, nah kan aneh sob.. kemungkinan penipuan 70%
Nah sekian yang dapat admin sampaikan.. btw, beberapa point di atas didapatkan dari pengalaman ketipu sob jadi hati-hati serta selektif ya saat jual beli di olx..
Semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
















Tag : Umum
Back To Top