Struktur Teks Diskusi Beserta Penjelasan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Teks Ulasan merupakan salah satu bagian materi untuk bahasa indonesia kelas VIII, dan mungkin juga akan berguna bagi anda yang menempuh perguruan tinggi di bidang yang berhubungan dengan sastra. Teks Ulasan biasa digunakan untuk mengulas sebuah bacaan, misalnya mengulas sebuah buku, atau biasa disebut resensi buku. Selain itu, banyak jua dijumpai di koran-koran teks ulasan mengenai film-film terbaru. Ulasan dalam bahasa Inggrisnya adalah review, dan pada beberapa majalah banyak yang memuat review suatu produk secara berkala. Maka dari itu, mungkin artikel ini akan berguna bagi anda yang ingin bekerja sebagai penulis. Pada postingan sebelumnya, admin juga pernah membahas memposting teks Ulasan novel yaitu mengulas novel http://www.bimagz.com/2015/05/mengulas-novel-le-me-forever-alone.html.
Lalu bagaimana strukturnya ? Berikut akan admin jelaskan... Teks Ulasan terdiri dari Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.. Orientasi berperan sebagai pembuka, Tafsiran dan Evaluasi berperan sebagai Isi dan Rangkuman berisi penutup. Bagaimana penjelasannya ?? Berikut akan admin jelaskan :
1. Orientasi, berisi gambaran secara umum hal ( karya sastra, benda, dan lainnya ) yang hendak diulas. Misalnya nama, kegunaannya, mengenai apa dan lain-lain.
2. Tafsiran, berisi pandangan tersendiri ( menurut sudut pandang tersendiri ) mengenai hal yang diulas. Tafsiran bisa dilakukan setelah hal tersebut dievaluasi. Biasanya di bagian ini penulis bisa menuliskan kelebihan dan kekurangan dan membandingkan dengan hal-hal yang sejenis atau mirip.
3. Evaluasi, berisi tentang evaluasi hal tersebut, semisal penampilannya, penyajiannya, bahasa yang digunakan, ciri-cirinya pun juga termasuk. Pada bagian ini, penulis biasanya menuliskan secara detail hal yang akan diulas.
4. Rangkuman, berisi tentang ulasan akhir tentang hal yang diulas. Misalnya pesan yang akan disampaikan penulis ulasan kepada pembaca. Contohnya bisa anda lihat di postingan saya http://www.bimagz.com/2015/05/mengulas-novel-le-me-forever-alone.html 
Cukup sekian saja, semoga artikel yang amburadul ini bermanfaat bagi anda..
Diolah dari : Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas VIII thn 2014
Back To Top