Penyakit-Penyakit yang Sering Menjangkiti Ikan Budidaya serta Cara Mengobatinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Setiap kita melakukan sesuatu pasti ada resikonya, salah satunya pada artikel berikut ini, jika kita melakukan budidaya ikan, maka resikonya adalah penyakit yang menjangkiti ikan budidaya tersebut.. berikut telah admin rangkumkan artikel tentang Pengobatan penyakit ikan budidaya yang admin dapatkan ( serta admin olah ) dari buku Prakarya Kelas VIII kurikulum 2013 tahun 2014.. berikut rangkumannya :

-> Penyakit Bintik Putih ( Ich atau White Spot )
Penyebab penyakit bintik putih adalah Ichthyophthirius multifiliis. Gejala penyakit tersebut adalah adanya bintik putih pada kulit, mata, sirip, dan insang. Penyakit ini rentan terjadi di kondisi ikan dengan kepadatan tinggi, dengan suhu air rendah ( <25˚C ).
@Pengobatan penyakit ini adalah memasukan ikan di wadah isolasi dan direndam pada larutan campuran formalin 25 ml/m^3 dan malachite green oxalat 0.15 g/m^3 air selama 24 jam.

-> Penyakit Trichodiniasis
Penyakit ini disebabkan oleh parasit Trichodina sp. Penyakit ini banyak terjadi bila ikan dalam keadaan stress, pemberian pakan yang kurang tepat, dan temperatur rendah.
@Pengobatan penyakit tersebut adalah dengan merendam ikan dalam larutan formalin 25ml/m^3 selama 24 jam di wadah isolasi, atau direndam di Acriflavin dengan dosis 3 mg/l air selama 15 sampai 30 menit.

-> Penyakit Tetrahymena
Penyakit ini disebabkan oleh Tetrahymenapyriformis yang menginfeksi sisik dan kulit. Gejalanya adalah ikan sering menggosok-gosokkan tubuhnya di dinding atau dasar dan sering mengibas-ibaskan siripnya.
@Pengobatan penyakit ini adalah direndam di wadah isolasi dengan isi  campuran Acriflavin dengan dosis 3 mg/l air selama 15 sampai 30 menit dengan air secukupnya.

-> Penyakit Cacing
Penyakit pada ikan ini disebabkan oleh Dactylogyrus sp, Gyrodactylus sp, dan Quadriacanthus sp. Gejalanya adalah ikan sering menggosok-gosokkan tubuhnya di dinding atau dasar, warna ikan menjadi gelap, dan ikan menjadi kurus.
@ Pengobatan penyakit ini adalah merendam ikan di wadah isolasi yang berisi campuran Formalin 150ml/m^3 dan air secukupnya..

Sekian yang dapat admin rangkuman, jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar..

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Back To Top