Penyakit Mata yang Sering Menjangkit Manusia Beserta Lensa Pembatunya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Mata merupakan indera penglihatan yang dimiliki oleh manusia. Mata bisa melihat benda-benda secara visual, oleh karena itu mata sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, mata juga bisa menderita beberapa penyakit, baik karena penggunaannya maupun faktor genetika.

Beberapa gangguan penglihatan bisa dibantu oleh alat khusus seperti kacamata, namun ada juga gangguan penglihatan yang tidak bisa dibantu oleh alat khusus, entah karena belum adanya teknologi atau yang lainnya. Berikut beberapa gangguan penglihatan yang dialami oleh manusia beserta lensa pembantu dan penjelasan singkatnya :

1. Rabun Jauh ( Miopi )

Rabun jauh merupakan gangguan penglihatan manusia dimana si penderita tidak jelas melihat benda-benda yang berjarak jauh. Misalnya seorang siswa yang tidak bisa membaca tulisan ( ukuran normal ) di papan tulis pada jarak 5 meter. Hal ini disebabkan oleh bayangan benda yang dilihat jatuh di depan retina mata, sehingga pada jarak jauh benda yang dilihat akan kabur. Penderita penyakit ini bisa dibantu dengan lensa kacamata minus ( negatif / cekung ). Pada lensa cekung, cahaya akan disebarkan sebelum cahaya masuk ke mata, sehingga bayangan akan jatuh tepat di retina.

2. Rabun Dekat ( Hipermetropi )

Rabun dekat merupakan gangguan penglihatan dimana si penderita tidak bisa melihat benda pada jarak dekat ( kurang lebih 30cm ) dengan jelas. Misalnya, seorang kakek yang tidak bisa membaca koran pada jarak normal, atau seorang nenek yang membaca buku harus dijauhkan ( lebih dari jarak normal ) agar terlihat jelas. Penderita gangguan penglihatan ini bisa dibantu dengan lensa cembung ( lensa positif ). Hal ini disebabkan karena lensa cembung akan mengumpulkan cahaya sebelum masuk ke mata, sehingga lensa dan kornea dapat membentuk bayangan benda yang dilihat agar tepat jatuh di retina.

3. Rabun Jauh Dekat ( Presbiopi )

Rabun jauh dekat merupakan gangguan penglihatan dimana si penderita tidak bisa melihat dengan jelas benda yang berada pada jarak dekat dan jarak jauh. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya daya akomodasi mata. Penderita gangguan penglihatan ini bisa dibantu dengan lensa Rangkap ( cembung cekung ) atau bisa disebut lensa bifokal. Cara kerja lensa ini seperti pada penjelasan lensa cembung dan cekung di atas.

4. Buta Warna

Buta warna merupakan gangguan penglihatan dimana si penderita tidak bisa membedakan warna tertentu atau tidak bisa melihat warna tertentu. Hal ini disebabkan oleh kerusakan / kelainan / kecacatan sel kerucut ( ada tiga jenis sel kerucut pada mata manusia ) pada mata. Hingga tulisan ini ditulis, admin belum tahu apakah ada lensa atau alat yang dapat membantu penderita penyakit ini.

5. Astigmatisma

Astigmatisma merupakan gangguan penglihatan dimana si penderita tidak bisa melihat gambaran garis vertikal dan horizontal secara bersamaan. Misalnya ada seorang guru yang membaca angka 4 menjadi 11. Penderita penyakit ini bisa dibantu penglihatannya dengan lensa Silindris.

Cukup sekian saja yang admin tulis, bila ada kritik dan saran, silahkan tulis di komentar..

Diolah dari : Buku Pegangan Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2014.
Back To Top