Pengetahuan Singkat Tentang Batu Akik

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Batu akik pada tahun 2015, tepatnya dimulai pada awal tahun 2015 menjadi tren masyarakat.. Batu akik pun menjadi sangat terkenal, dan menjadikan penjual dan pengrakit batu akik pun menjamur. Harganya pun bervariasi tergantung jenis batunya, misalnya batu akik jenis bacan harganya bisa sampai jutaan rupiah, namun batu akik jenis kalsedon harganya hanya puluhan ribu rupiah. Pada saat akik menjadi tren masyarakat, para pembuat barang imitasi pun juga ikut memanfaatkannya, seperti pembuatan batu akik palsu yang dijual dengan harga lebih murah ketimbang jenis akik yang ditiru. Batu akik biasa dipasang pada ring ( emban ) lalu dipasangkan ke jari penggunanya. Seiring perkembangan zaman, batu akik juga tidak hanya dijadikan cincin tetapi juga dijadikan sebagai tasbih, kalung, gelang dan berbagai perhiasan lain.
Sebenarnya, apa sih batu akik itu ? Batu akik merupakan hasil dari endapan atau pengerasan suatu bahan selama ribuan bahkan jutaan tahun. Bahan pembentuknya yang bermacam-macam membuat akik yang terbentuk juga macam-macam. Misalnya ada akik yang terbuat dari fosil pohon tentunya warna / isinya berbeda dengan akik yang terbuat dari fosil minyak tumbuhan. Faktor-faktor yang membuat batu akik mahal adalah ukuran, keindahan serta kelangkaan jenis batu tersebut. Batu akik memang mempunyai jenis sendiri-sendiri, dari yang harganya ribuan hingga jutaan. Misalnya batu akik blue saphire yang harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Batu akik bisa didapatkan dari gunung, bukit, sungai, bahkan pantai. Namun untuk mencari batu akik perlu kejelian, karena batu akik dari asalnya tidak langsung berwarna indah seperti di toko, namun berbentuk bongkahan batu yang didalamnya mengandung akik.
Pada jaman dahulu, mungkin batu akik diperjualbelikan karena diisi oleh suatu ajian ilmu tertentu. Namun sekarang, batu akik banyak diminati karena keindahannya atau nilai estetikanya. Pada intinya batu tetaplah batu, tak peduli betapa indahnya batu tersebut, batu akik tetaplah batu. Namun batu akik memiliki nilai estetika tersendiri sehingga membuat batu ini memiliki nilai lebih dibandingkan batu yang lain. Seperti yang sudah admin tulis, batu akik pada awalnya adalah bongkahan batu yang berisi batu akik. Nah, kenapa kok bisa bentuk dan warnanya bisa menjadi cantik ? Itu karena diolah..
Pengolahan batu akik biasanya dilakukan dengan mesin gerinda, yaitu dengan dipotong sesuai kebutuhan dan diamplas sesuai kebutuhan. Memotong dan mengamplasnya pun juga harus mengikuti alur batu tersebut sehingga batu bisa terlihat cantik dan tidak pecah / berlubang. Setelah proses pemotongan dan pengamplasan, ada proses pengkilapan. Media yang biasa digunakan untuk mengamplas adalah amplas serbuk intan atau bambu muda. Perlu latihan untuk mengolah batu akik...
Bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk memiliki batu akik ?

Back To Top