Mengulas Cerpen Nasihat Untuk Anakku

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Admin akan membagikan postingan yang berisi tentang teks ulasan, pada postingan sebelumnya saya membagikan ulasan novel *Le Me Forever Alone, sekarang admin akan membagikan teks ulasan yang mengulas cerpen bertemakan nasihat, yaitu cerpen Nasihat Untuk Anakku yang ditulis oleh Motinggo Busye. Langsung saja, berikut ulasan admin :

Kehidupan Suram di Masa Lalu

Cerpen nasihat untuk anakku merupakan cerpen yang berisi tentang nasihat yang ditulis oleh seseorang dalam bentuk cerpen. Cerpen ini ditunjukkan ditunjukkan kepada generasi muda penerusnya. cerpen ini menuliskan nasihat secara tersurat maupun tersirat yang dituliskan dalam bentuk kisah penulis maupun segala hal yang terjadi di sekitar penulis. Latar tempat cerpen ini adalah Jakarta, tepatnya di Salemba, dan latar waktunya adalah pada saat Irian Barat belum menjadi hak milik Indonesia.

Sang penulis yang dalam cerpen dituliskan sebagai "Ayahmu" tersebut menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya karena kekurangan finansial akibat kerasnya kehidupan pada masa itu.kehidupan pada masa penulis sangat berbeda dengan kehidupan pada masa kini, pada masa penulis tersebut masyarakat banyak yang memiliki taraf ekonomi menengah kebawah. Orang-orang juga masih banyak menggunakan transportasi umum.

Pada masa itu, penulis juga menceritakan dengan detail bagaimana kerasnya kehidupan pada masa sang penulis hidup. Sang penulis yang menuliskan dirinya sebagai "Ayahmu" tersebut mengisahkan dirinya sedang mengirimkan cerpen ke kantor majalah dan dihargai dua ratus rupiah. Uang hasil menulis cerpen tersebut digunakan untuk mentraktir temannya yang juga sesama penulis namun sangat kekurangan dalam hal finansial. Temannya tersebut dibenci oleh keluarganya karena profesinya sebagai pengarang yang waktu itu dipandang sebagai profesi yang tidak menghasilkan banyak uang, bahkan teman sang penulis tersebut sudah terbiasa tidak makan makanan pokok selama satu minggu karena tidak punya cukup uang untuk membeli makanan pokok. Namun sangat disayangkan, teman penulis tersebut bunuh diri pada malam ulang tahun sang penulis. Sang penulis juga menuturkan jangan bunuh diri apapun yang terjadi.

Cerpen yang ditulis dengan bahasa sastra yang sangat tinggi tersebut membuat pembaca juga akan merasakan suasana yang terjadi dalam cerpen tersebut. Kekurangan cerpen ini adalah bahasa sastra yang terlalu tinggi membuat tidak semua orang tahu apa yang dimaksud dalam kalimat-kalimat cerpen tersebut.

Cerpen ini sangat disarankan untuk dibaca oleh generasi muda sekarang. Karena dalam cerpen ini kita diajarkan beberapa pelajaran hidup yang sangat bermakna dan berharga dari cerpen ini. Cerpen ini juga mengajarkan bagaimana seharusnya kita bersyukur karena kehidupan sekarang tidak sekeras kehidupan pada zaman dahulu.

Sekian ulasan admin tentang cerpen Nasihat Untuk Anakku, bila ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar..

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabaarakatuh
Back To Top